15.000 Mahasiswa Kedokteran Siap Jadi Relawan Covid-19 Kemendikbud Siapkan 405 Miliar

masukkampus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) tengah melakukan proses realokasi atau penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2020 untuk penanganan coronavirus disease (Covid-19).
.
Papar Nadiem, jumlah realokasi anggaran untuk mendukung pencegahan Covid-19 sebesar Rp 405 miliar. Adapun realokasi anggaran dilakukan untuk program penguatan kapasitas 13 Rumah Sakit Pendidikan (RSP) dan 13 Fakultas Kedokteran (FK) untuk menjadi Test Center Covid-19.
.
Nadiem mengatakan ingin memperkuat rumah sakit-rumah sakit pendidikan menjadi test center yang bisa melakukan tes hingga 7.600 sampel per hari dan semua Rumah Sakit Pendidikan mampu menangani pasien Covid-19 sesuai kapasitas yang ada.
.
Realokasi anggaran juga dilakukan untuk menggerakkan relawan mahasiswa untuk kemanusiaan dengan target 15.000 relawan yang secara sukarela mendukung upaya mitigasi pandemi Covid-19.
.
Hingga ditutupnya pendaftaran tahap pertama pada 24 Maret 2020, tercatat sudah 15.000 mahasiswa secara sukarela telah siap menjadi relawan untuk terlibat dalam program penanganan Covid-19.
.
Mendikbud menjelaskan, ajakan sukarela untuk mahasiswa bidang kesehatan dan bidang terkait lainnya merupakan sesuatu yang sangat penting dilakukan saat ini untuk membantu pemerintah menangani wabah Covid-19.
.
Relawan mahasiswa ini diterjunkan untuk melakukan program-program preventif dan promotif melalui komunikasi, informasi, dan edukasi kepada masyarakat terkait Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Nadiem: Kami Dengar Siswa Hanya Diberi Tugas Tapi Tidak Dibimbing

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meminta guru membimbing anak didiknya selama proses belajar di rumah di tengah pandemi virus Corona COVID-19. Sebab, Nadiem mendengar keluhan siswa tidak dibimbing gurunya ketika diberi tugas di rumah..Nadiem mengatakan mendengar banyak keluhan dari berbagai macam orang dan mahasiswa yang hanya diberikan pekerjaan […]

Subscribe US Now