RS Universitas Andalas Bisa Menjadi Tempat Tes Untuk Covid-19

masukkampus

Kepala Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand), Andani Eka Putra, menyatakan pihaknya siap melaksanakan pemeriksaan sampel virus corona (Covid-19).
.
Ia memperkirakan pemeriksaaan itu selesai dilakukan dalam 24 jam sehingga pasien bisa diketahui positif atau negatif menderita Covid-19.
.
Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand, kata Andani, mampu mendeteksi Covid-19 karena berpengalaman dalam riset virus, seperti Rotavirus, HPV, HIV, CMV, influenza, serta berupaya mengembangkan produk diagnostik nasional.
.
Untuk memeriksa Covid-19, pihaknya akan mengikuti standar Balitbangkes Kementerian Kesehatan yakni melakukan pemeriksaan empat kali dan melengkapinya dengan kontrol positif. Meskipun demikian, Andani mengatakan pihaknya sedang menunggu reagen tiba dari Korea Selatan. Ia memperkirakan reagen itu tiba antara enam hingga sepuluh hari ke depan.
.
Dengan begitu, kata Andani, sampel darah dan swab hidung serta tenggorokan pasien suspek Covid-19 di Sumbar tak perlu lagi dikirim ke Balitbangkes Kemenkes. Selama ini pengujian sampel seluruh Indonesia dilakukan oleh Balitbangkes Kemenkes. Karena itu, hasil sampel pasien keluar minimal empat hari.
.
Sebelumnya, Menkes Terawan Agus Putranto telah menandatangani surat keputusan laboratorium pemeriks Covid-19 di luar Balitbangkes Kemenkes. Namun, untuk wilayah kerja Sumatera Barat uji spesimen itu dilakuakan Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

29 Hari Lagi Menuju UTBK! Yuk Ikutan TO Online UTBK Part 14 Sambil Belajar di Rumah

Hai Pejuang PTN.. !Sudah seberapa siap kamu 29 hari lagi untuk UTBK ? Meskipun di rumah yuk isi waktumu dengan belajar agar lebih produktif sekaligus persiapan buat UTBK. Kamu bisa ikuti Try Out Online UTBK Part 14 yang diselenggarakan oleh @masukkampus dengan berbagai keunggulan yang ada loh 😉.Apa saja sih keunggulan Try […]

Subscribe US Now