Peneliti ITB Prediksi Kasus Covid-19 Di Indonesia Jauh Lebih Tinggi

masukkampus

Angka dan sebaran penderita positif Covid-19 di Indonesia yang sebenarnya disebut jauh lebih tinggi dari yang dilaporkan Kementerian Kesehatan.
.
Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan model matematika yang dilakukan 3 peneliti dari Pusat Permodelan Matematika dan Simulasi ITB serta kelompok kerja Matematika Industri dan Keuangan FMIPA ITB.
.
Perhitungan tersebut dipublikasikan dengan judul “Data dan Simulasi COVID-19 dipandang dari Pendekatan Model Matematika”. Penelitinya meliputi Nuning Nuraini, Kamal Khairudin, dan Mochamad Apri.
.
Dalam perhitungan tersebut, mereka menggunakan pengembangan model logistik Richard’s Curve. Model tersebut dipilih karena terbukti memiliki hasil yang cukup baik untuk menentukan awal, puncak dan akhir endemik SARS di Hongkong pada 2003.
.
Kurva tersebut kemudian diaplikasikan untuk melihat dinamika penderita Covid-19 di lima negara meliputi Cina, Italia, Iran, Korea Selatan, Amerika Selatan serta perhitungan dinamika di seluruh dunia. Berdasarkan perhitungan peneliti, parameter model hasil estimasi Korea Selatan dipilih untuk menggambarkan kasus serupa di Indonesia.
.
Salah satu hasilnya menunjukan bahwa kasus yang dilaporkan di Indonesia hingga saat ini belum merepresentasikan jumlah kasus yang sebenarnya. Angka sesungguhnya disebut bisa jauh lebih tinggi.
.
Tingginya jumlah kasus yang tidak terdeteksi tersebut menunjukan bahwa penyebaran virus tidak dapat dilacak dari jumlah infeksi yang dikonfirmasi.
.
Selain itu, perhitungan model kurva tersebut juga memprediksikan bahwa Indonesia dapat mengalami puncak epidemi pada akhir Maret 2020, dan akhir epidemi mulai terjadi pada April 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pemateri Diskusi Positif Corona, Masjid Salman ITB Lockdown

Seorang motivator sekaligus pemateri diskusi di Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) diketahui terpapar virus corona atau Covid-19. Ia diketahui pernah melaksanakan aktivitas di Singapura..Alhasil jajaran pengurus Masjid Salman ITB pun memberlakukan penutupan wilayah atau lockdown secara lokal pada Sabtu (21/3/2020). Humas Masjid Salman ITB Lili Nurhayati membenarkan informasi tersebut..Untuk […]

Subscribe US Now