UNAIR Siapkan 2000 Alat Uji Corona, Lima Jam Hasilnya Bisa Keluar

masukkampus

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur siap melakukan pemeriksaan spesimen pasien terkait virus corona atau covid-19. Pemeriksaan akan melibatkan Institute of Tropical Disease (ITD) Unair dan Rumah Sakit Unair (RSUA). 1000 persen kita sudah sangat siap,” kata Rektor Unair Mohammad Nasih.
.
Nasih mengatakan pihaknya telah memiliki alat yang dapat mendeteksi virus corona dengan cepat menggunakan alat polimerisasi (PCR). Selain itu fasilitas yang dimiliki Unair adalah Laboratorium Biosafety Level 3 (BSL 3).
.
Menurutnya, selain alat yang memadai terdapat ahli yang mendukung pemeriksaan. Ia mengklaim pemeriksaan spesimen terkait virus corona ini tak memakan waktu sampai berhari-hari. .
Lebih lanjut, Nasih menyatakan pihaknya juga bekerja sama dengan Kobe University, Jepang, untuk memasok reagen. Reagen sendiri merupakan pereaksi kimia yang dapat digunakan untuk memeriksa dan mendeteksi virus corona.
.
Sebenarnya, kata Nasih, sejak Januari 2020, pihaknya sudah melakukan identifikasi virus corona, namun hal itu harus dihentikan lantaran kebijakan Kementerian Kesehatan yang ingin pengujian terpusat di Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) di Jakarta.
.
Sebelumnya, pemerintah memutuskan pemeriksaan laboratorium terkait covid-19 tak lagi hanya dilakukan di Balitbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Presiden Joko Widodo meminta Kemenkes melibatkan Unair dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.
.
Juru bicara pemerintah untuk penanganan corona Achmad Yurianto mengatakan kedua lembaga tersebut sudah bisa melakukan pemeriksaan virus corona mulai hari ini. Selain itu, Yuri menyebut pemerintah sudah menerima 10 ribuPCR untuk mendeteksi virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Akses Kampus IPB Ditutup Dan Terapkan Kuliah Jarak Jauh

Institut Pertanian Bogor (IPB) mengeluarkan kebijakan akademik untuk mahasiswanya belajar jarak jauh atau online. Hal tersebut guna mencegah resiko penyebaran virus corona atau COVID-19..Kebijakan tersebut sudah tertuang dalam surat edaran IPB Nomor 3974/IT3/HM.00/2020 dan Surat Edaran Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Nomor 4600/IT3/HM.00/2020, dalam surat terserbut juga tertulis beberapa […]

Subscribe US Now