7 Cara Memilih Kampus Dan Pertimbangannya, Jangan Sampai Salah Daftar

masukkampus 1

Sebelum menetapkan pilihan terhadap salah satu kampus untuk menunjang ilmu, ada beberapa hal penting yang mesti kamu pahami. Jangan sampai kamu salah pilih hingga akhirnya menyesali jalanmu di dunia pendidikan. Jika tidak ingin merasakan hal seperti demikian, cobalah perhatikan beberapa hal berikut ini.
.
1. Memiliki akreditasi yang baik.
Akreditasi adalah sebuah standarisasi yang dibuat oleh pemerintah berdasarkan mutu sebuah kampus yang diselenggarakan oleh lembaga BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Selain sebagai kualitas mutu suatu program studi, akreditasi juga dipakai sebagai standar yang biasa dilihat oleh perusahaan ketika membuat lowongan pekerjaan. Jadi, jika kamu ingin sukses di dunia kerja, pilihlah kampus yang memiliki prodi dengan akreditasi yang baik.
.
2. Berada di lokasi yang strategis.
Lokasi menjadi salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam menentukan kampus yang ingin dituju. Sebab, ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan dalam menilai pro dan kontra dari lokasi kampus incaranmu.
.
Misalnya, jika kamu berminat dengan kampus di luar kota, maka kamu harus mempertimbangkan untuk merantau.
.
3. Menyediakan program beasiswa.
penting untuk mengetahui berapa biaya yang harus kamu persiapkan agar dapat berkuliah di kampus yang kamu inginkan.
.
Jika tidak mampu dengan biaya yang diharuskan, itu berarti kamu harus siap sedia untuk mencari beasiswa. Jangan malah menyusahkan kedua orangtua ya!
.
4. Menyediakan fasilitas yang memadai.
Fasilitas yang memadai jelas dapat membuatmu merasa nyaman dan betah berkuliah, bukan? Tidak hanya itu, fasilitas yang baik juga bisa meningkatkan semangat untuk memahami pelajaran dan mengerjakan tugas yang diberikan. Oleh karenanya, carilah kampus yang menyediakan fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan kuliahmu juga.
.
5. Lingkungan kampus yang nyaman.
Lingkungan kampus yang nyaman juga sangat memengaruhi kualitas pendidikan yang akan kamu dapatkan selama masa kuliah. Jadi, kamu juga perlu memperhatikan kualitas dari lingkungan dan orang-orang di sekitar kampusmu. Ini penting untuk pengalaman berkuliah yang baik lho!
.
6. Terdapat organisasi kemahasiswaan dan unit kegiatan mahasiswa (UKM).
Selain berfungsi sebagai penyalur minat dan bakat, UKM dan organisasi kampus lain bisa menjadi ciri dari kampus yang baik. Contohnya, jika UKM memiliki prestasi yang baik, maka nama baik dan akreditasi juga akan menjadi baik. Jadi, penting juga untuk mempertimbangkan hal ini demi masa depanmu setelah lulus nanti.
.
7. Memiliki hubungan baik dengan perusahaan sebagai tempat untuk menyalurkan mahasiswanya bekerja.
Beberapa kampus saat ini sudah memiliki hubungan tersendiri dengan perusahaan-perusahaan yang ada demi menyalurkan anak didiknya setelah lulus kuliah. Sehingga, setelah selesai masa perkuliahan, mahasiswa yang menimba ilmu dapat langsung bekerja tanpa harus lelah mencari. Kalau kamu memikirkan hal ini, tentu kamu bisa mendapat keuntungan dengan langsung bekerja tanpa harus mencarinya lho.
.
Setelah memperhatikan dan menimbang faktor-faktor di atas, hal lain yang kamu lakukan adalah mengidentifikasi dan memilih mana yang menjadi prioritasmu. Intinya, semua tergantung dari dirimu!

One thought on “7 Cara Memilih Kampus Dan Pertimbangannya, Jangan Sampai Salah Daftar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

TERBARU..! Ini Perubahan Pendaftaran Dan Pelaksanaan UTBK Tahun 2020

Jakarta LTMPT 2020. Berdasarkan hasil analisis tim Kajian dan Pengembangan LTMPT menunjukkan bahwa peserta UTBK tahun 2019 yang mengikuti tes 2 kali pada kelompak bidang yang sama mendapatkan nilai yang tidak berbeda baik bidang Saintek (TPS dan TKA Saintek) atau bidang Soshum (TPS dan TKA Sushum)..Dalam Permendikbud Nomor 6 Tahun […]

Subscribe US Now