Mau Masuk Sekolah Kedinasan? Ini Dia 5 Jenis Tes Masuknya

masukkampus

Salah satu persiapan ialah mengenal jenis-jenis tes yang disuguhkan Sekolah Kedinasan.
.
1. Tes Kemampuan Akademik (TPA).
Pada seleksi ujian masuk sekolah kedinasan, jenis tes ini digunakan untuk mengukur dan mengetahui kemampuan seseorang di bidang akademis dan pengetahuan umum lainnya. Dengan cara tes bahasa, tes numerik (angka), tes logika, hingga tes spasial (gambar ruang).
.
2. Tes Kemampuan Dasar (TKD).
TKD kedinasan terdiri dari tiga poin penilaian yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Sama seperti saat menjalani tes SKD CPNS.
.
Secara garis besar, TKP akan menilai perilaku terkait pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, serta profesionalisme.
.
Tes TWK diujikan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan Bahasa Indonesia.
.
3. Tes Kemampuan Bidang (TKB).
Tahapan TKB biasanya terbagi menjadi ujian tulis, tes psikologi lanjutan, wawancara, dan ujian praktik untuk bidang-bidang tertentu.
.
Bidang yang diujikan di TKB pun sangat bervariasi, mulai dari pendidikan, kesehatan, hukum, agama, dan asih banyak lagi.
.
4. Tes Kesehatan.
Tes kesehatan akan dilakukan pengecekan darah, urine, tensi, rontgen, buta warna, kesehatan gigi, kesehatan paru-paru, dan beberapa tes lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan sekolah kedinasan tempat kamu mendaftar.
.
5. Tes Kesamaptaan.
Tes ini biasanya berbentuk tes fisik yang mengharuskan kamu menguji kemampuan fisik, mulai dari push-up, pull-up, berlari atau melompat sesuai dengan ketentuan yang sudah ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

UPI Akan Segera Buka Fakultas Baru Yaitu Kedokteran

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) segera membuka Fakultas Kedokteran. Rektor UPI Asep Kadarohman menyebut persiapan fakultas baru ini sudah mencapai 70 persen..Persiapan yang dimaksud ialah mendapatkan perizinan dari Majelis Wali Amanat, kemudian kurikulum pendidikan masih dalam proses penyelesaian, pemenuhan sarana dan prasarana, seperti bangunan untuk fakultas dan lain-lain. Asep menuturkan Fakultas […]

Subscribe US Now