Ini Kriteria Calon Mahasiswa Yang Boleh Mendaftar KIP Kuliah

masukkampus

Melansir laman resmi KIP Kuliah Kemendikbud, berikut sejumlah kriteria kelayakan calon penerima KIP Kuliah.
.
1. Tak mampu secara ekonomi
KIP-Kuliah ditujukan secara eksklusif hanya untuk siswa berprestasi namun tidak mampu secara ekonomi. Sehingga, siswa yang secara akademik unggul tetapi mampu secara ekonomi tidak diperkenankan mendaftar. Jika belum memiliki KIP, masih mungkin menerima KIP Kuliah selama lolos seleksi dan verifikasi kondisi ekonomi oleh perguruan tinggi terkait.
.
2. Status tidak mampu diketahui masyarakat
Tak hanya melalui kepemilikan dokumen resmi seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), status kelayakan siswa bisa berdasarkan laporan dari masyarakat.
.
3. Belum menjadi mahasiswa
Peserta KIP Kuliah 2020 adalah lulusan SMA/sederajat tahun 2020, 2019 atau 2018 yang belum menjadi mahasiswa.

Untuk mahasiswa kurang mampu yang berkuliah di PTN atau PTS di bawah Kemdikbud, telah disediakan beasiswa biaya pendidikan PPA (Peningkatan Potensi Akademik ) melalui bagian kemahasiswaan masing-masing.
.
4. Belum pernah menerima KIP kuliah
Penerima KIP-Kuliah tidak diperkenankan mendaftar KIP-Kuliah kembali di tahun selanjutnya baik di PT yang sama atau berbeda.
.
5. Prestasi akademik
Pendaftar KIP Kuliah memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
.
6. Lulus seleksi perguruan tinggi
Manfaat KIP Kuliah dapat dirasakan bila peserta lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.
.
7. Status pernikahan
peserta KIP Kuliah wanita yang telah menikah, pembiayaan dianggap sudah beralih ke suami. Dengan begitu, status tidak dianggap “tidak mampu”.
.
8. KIP Kuliah bisa dibatalkan bila..
Bila siswa mendaftar KIP Kuliah dan ternyata dinyatakan tidak layak karena ternyata mampu secara ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Informasi Pendaftaran KIP Kuliah Untuk SNMPTN 2020

Pihak LTMPT memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang belum memiliki KIP Sekolah untuk melakukan finalisasi sampai dengan akhir Maret 2020..Setelah masa pendaftaran KIP Kuliah berakhir, LTMPT akan melakukan sinkronisasi data antara data pendaftar SNMPTN di LTMPT dengan data penerima KIP Kuliah untuk keperluan seleksi. Pendaftaran dianggap sah bila sudah dilakukan […]

Subscribe US Now