Sudah Rilis..! Pendaftaran KIP KULIAH Akan Dibuka Pada 21 Februari

masukkampus

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah pada 21 Februari 2020. Namun demikian, peraturan menteri yang mengatur mengenainya masih belum keluar hingga kini.
.
Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Paristiyanti Nurwadani mengatakan tentang rencana pendaftaran KIP Kuliah yang akan dibuka pada 21 Februari 2020. Ia menyebutkan, pendaftaran akan dibuka bagi 400 orang.
.
Ia mengatakan, keputusan tersebut diambil untuk mengakomodasi calon mahasiswa yang berpotensi akademik, tetapi kurang mampu secara ekonomi. Terlebih lagi pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah dibuka dan proses menuju Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) juga sudah dimulai.
.
Mengenai pengerjaan Permen secara paralel, ia mengatakan, Kemendikbud tengah mengupayakan agar peraturan yang mengatur tentang KIP Kuliah itu segera terbit. Komunikasi yang intensif dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dikatakannya terus berjalan. Menurutnya, masih ada beberapa hal yang dikaji bersama Kemenkumham.
.
Ia menuturkan, semua mahasiswa bisa mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah. Baik itu yang sudah memiliki KIP Sekolah maupun Kartu Keluarga Sejahtera, maupun calon mahasiswa yang belum mempunyainya. Mereka dikatakannya tetap bisa mendaftar dengan melengkapi syarat yang diperlukan.
.
Pemerintah awalnya menggelontorkan anggaran sekitar Rp 4,8 triliun untuk program beasiswa bidik misi kepada calon mahasiswa di dalam negeri. Anggaran itu diberikan untuk membiayai kebutuhan pendidikan perguruan tinggi bagi 360 ribu mahasiswa.
.
Namun, dalam rangka perluasan program KIP Kuliah, alokasi anggaran ditambah sebesar Rp 7,6 triliun. Penambahan anggaran itu diproyeksikan untuk membiayai kebutuhan dana pendidikan bagi 420 ribu mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Syarat Dan Informasi Penting Tentang KIP KULIAH 2020

Syarat KIP Kuliah: 1. Penerima KIP-Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya. 2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah. 3. Dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau […]

Subscribe US Now