Jawaban Nadiem Makarim “Mohon Bersabar” Kepada Guru Honorer Gaji 100rb/Bulan

masukkampus

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) sepakat untuk menghapus tenaga honorer di lingkungan pemerintahan secara bertahap.
.
Beberapa waktu lalu, terkuak bahkan seorang guru honorer hanya memiliki gaji sebesar Rp 300.000. Pendapatan tersebut bukanlah hitungan 1 bulan, melainkan 3 bulan. Artinya, satu bulan guru honorer hanya mendapatkan gaji Rp 100.000 per bulan.
.
Hal tersebut terungkap kala Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan kuliah umum pada acara Musyawarah Nasional. Dalam kesempatan tersebut, peserta menanyakan langsung ke Nadiem soal gaji guru honorer yang hanya Rp 300.000 per 3 bulan.
.
Tanya salah seorang peserta dalam musyawarah tersebut, banyak keluhan dari guru-guru terutama honorer, mereka cuma dapat gaji Rp 300 ribu per tiga bulan, bagaimana kita menuntut mereka memberikan yang terbaik buat murid, kesejahteraan guru harus diperhatikan.
.
Jawaban Nadiem adalah Itu kewenangan dari pemerintah daerah, dan dari pusat harus dirumuskan oleh beberapa kementerian jadi mohon kesabaran.
.
Lanjutnya, sudah jelas guru kita tak bisa merdeka kalau tidak sejahtera, tapi ada kompleksitas, karena itu diangkat kepala sekolah. Sekolah punya pemda, dan ada dua jenjang, pemerintah daerah yang mengangkat PNS guru di daerah dan guru honorer diangkat sekolah. Bayangkan ribetnya.
.
Belum lagi, sambung Nadiem, SMA dan SMK itu milik pemerintah provinsi. Sedangkan kewenangan pengelolaan SD dan SMP ada di pemerintahan daerah.
.
Kata Nadiem kerumitan siapa yang harus membayar guru honorer ini harus dirumuskan dengan kerja sama oleh berbagai macam pemda, pemerintah pusat, dan kementerian, tidak simpel issue-nya.
.
Lalu ujarnya, itu jadi salah satu prioritas utama saya, saya tidak bisa melakukan sesuatu saya harus mengumpulkan berbagai macam instansi, mohon kesabaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Waspada Hoaks & Penipuan! Jalur Masuk UI 2020 Menjanjikan Diterima di UI

Universitas Indonesia mengimbau kepada adik-adik dan orangtua calon mahasiswa agar waspada terhadap hoaks dan modus Penipuan Jalur Masuk UI..Berikut Hoaks dan Modus Penipuan Jalur Masuk UI:.– Hoaks Jalur Masuk bagi Hafiz AlQuran– Modus Penipuan Jalur Masuk UI bekerja sama dengan Organisasi/Lembaga Pemberi Beasiswa.– Modus penipuan yang menjanjikan kemudahan diterima kuliah […]

Subscribe US Now