Orang Tua Mahasiswa UB Bisa Pantau Kuliah Anaknya Melalui Ponsel

masukkampus

Universitas Brawijaya menciptakan aplikasi mobile Gapura UB pada 5/1/2020. Aplikasi Gapura UB itu bisa diakses oleh masyarakat sebagai pengunjung aplikasi, mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan (tendik), dan orangtua mahasiswa.
.
Dengan aplikasi Gapura UB ini, orangtua bisa memantau perkembangan kuliah anaknya di Universitas Brawijaya. Misalkan bisa melihat tagihan UKTnya, apa sudah dibayarkan.
.
Menu untuk pengunjung, dosen, mahasiswa, tendik, dan orangtua berbeda-beda. Karena itu, kata dia, aplikasi itu bermotto “Satu Aplikasi Banyak Kemudahan”.
.
Dikatakan dia, adanya satu integrasi data sudah masuk blue print TIK sejak 2016-2017. Sejauh ini, kata dia, respon aplikasi Gapura UB positif dan tinggi ratingnya.
.
Aplikasi Gapura UB dibuat dalam versi android dan iphone. Sampai saat ini yang mengunduh versi android sudah 10.000 lebih. Sedang di iphone sudah 2700 an.
.
Masih ada rencana tambahan-tambahan fitur mendatang. Sebab, saat ini, aplikasi itu masih bersifat menyajikan data-data. Untuk masuk ke aplikasi sebagai pengunjung, maka disampaikan informasi umum tentang UB, sejarah juga fakultas-fakultasnya, peta dll.
.
Sedangkan bagi mahasiswa, menunya juga beda. Misalkan biaya kuliah, tagihan, hasil studi tiap semester, KRS dll.
.
Untuk dosen, menu dalam aplikasi memuat seperti jadwal mengajarnya di tiap jenjang, renumerasi, dll.
.
Achmad Basuki, Kepala UPT TIK Universitas Brawijaya mengatakan mungkin masih belum memenuhi harapan. Tapi akan selalu ada perbaikan-perbaikan lewat tambahan-tambahan fitur nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Jawaban Nadiem Makarim "Mohon Bersabar" Kepada Guru Honorer Gaji 100rb/Bulan

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) sepakat untuk menghapus tenaga honorer di lingkungan pemerintahan secara bertahap..Beberapa waktu lalu, terkuak bahkan seorang guru honorer hanya memiliki gaji sebesar Rp 300.000. Pendapatan tersebut bukanlah hitungan 1 bulan, melainkan 3 bulan. Artinya, satu […]

Subscribe US Now