Perhatikan Ini! Agar Lolos Seleksi SNMPTN 2020

masukkampus

Berbeda dengan SBMPTN atau ujian mandiri, SNMPTN ini tanpa melalui tes. Sebab penyaringannya berdasarkan penelusuran prestasi akademik dan portfolio calon mahasiswa.
.
Hanya saja, syarat lolos SNMPTN ternyata tak bisa hanya bergantung pada rangking satu yang selama ini kamu dapat. Ada sejumlah faktor lain turut menentukan apakah kamu bakal lolos SNMPTN atau tidak.
.
Berikut sejumlah fakta seputar lolos SNMPTN melansir laman resmi LTMPT.
.
1. Riwayat prestasi akademik di sekolah
Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun, atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
.
2. Kuota
Daya tampung setiap Program Studi (prodi) yang disediakan untuk calon mahasiswa baru jalur SNMPTN ditetapkan paling sedikit 20 persen dari daya tampung prodi tersebut. Sedangkan SMBPTN ditetapkan 40 persen.
.
3. Tergantung pesaing
Walau ranking kamu di sekolah selalu nomor satu, itu tak jadi jaminan. Lolos atau tidaknya SNMPTN juga tergantung pada pesaing kamu dalam SNMPTN.
.
4. Pikirkan bila lintas jurusan
Lintas jurusan di SNMPTN memang diperbolehkan, tapi tidak disarankan dan siswa perlu mempertimbangkan kemampuan dan aturan dari PTN yang dituju.
.
Pasalnya, setiap perguruan tinggi memiliki aturan lintas jurusan yang perlu kamu ketahui. Misalnya saja di Universitas Indonesia (UI), anak IPA boleh lintas jurusan mengambil prodi soshum, tetapi anak IPS/Bahasa tidak boleh mengambil jurusan Saintek.
.
Jadi, jangan sampai kamu gagal ‘hanya’ karena lintas jurusan.
.
5. Prodi tak bisa diganti
Baiknya kamu tidak asal memilih prodi hanya karena peluangnya besar atau gengsinya besar. Sebab, jika kamu diterima di SNMPTN, otomatis kamu harus mengambilnya dan tidak bisa ikut SBMPTN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

CATAT! Jalur Masuk IPB University Dan Tanggal Pentingnya

Jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana IPB yang direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta yang bila lulus diharapkan kembali ke daerah untuk membangun daerah..Periode pendaftaran : 1 Maret – 30 Mei 2020Seleksi berkas calon mahasiswa : 15-20 Juni […]

Subscribe US Now