Kamu Harus Tahu! Siswa Tidak Daftar SNMPTN Bisa Diganti Oleh Temannya

masukkampus

Jika ada siswa yang berhak mendaftarkan diri melalui jalur SNMPTN kemudian memilih tidak menggunakan haknya, maka sekolah bisa menggantikan dengan siswa lain sesuai dengan pemeringkatan yang ada.
.
Hal ini disampaikan Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember pada sosialisasi penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020.
.
Perlu diingat, hendaknya sekolah sejak awal melakukan pemetaan agar mengetahui dengan pasti siapa siswanya yang memang berniat tidak mendaftarkan diri di jalur SNMPTN 2020 agar terhindar dari permasalahan di kemudian hari.
.
Hal tersebut muncul mengingat di pendaftaran jalur SNMPTN 2020 pihak sekolah diminta untuk menyusun pemeringkatan siswanya sesuai dengan akreditasi yang diperoleh oleh sekolah. Dimana sekolah dengan akreditasi A maka 40 persen siswa terbaiknya bisa mendaftarkan diri ke jalur SNMPTN.
.
Sekolah dengan akreditasi B maka 25 persen siswa terbaiknya bisa mendaftarkan diri, sementara sekolah dengan akreditasi C hanya memperoleh kuota 5 persen siswa terbaiknya yang bisa mendaftarkan diri.
.
Dalam kenyataan, tidak semua siswa yang berhak mendaftarkan diri melalui jalur SNMPTN menggunakan haknya. Misalnya karena yang bersangkutan ingin mendaftarkan diri ke sekolah kedinasan, memilih kuliah di luar negeri atau malah sejak awal mantap kuliah di perguruan tinggi swasta.
.
Ungkap Agung Purwanto selaku Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember Sebaiknya siswa memilih program studi di PTN yang sesuai dengan jurusannya di SMA dan MA, atau SMK. Oleh karena itu carilah informasi informasi sebanyak-sebanyaknya mengenai program studi yang akan dipilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

JK Tidak Setuju UN Dihapus Jangan Ciptakan Generasi Muda Lembek

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memberikan tanggapan mengenai rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim yang hendak menghapus ujian nasional (UN)..Respons JK soal penghapusan UN itu diungkapkannya saat menghadiri pengukuhan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menjadi guru besar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)..Ungkap JK nanti kita bicarakan […]

Subscribe US Now