Anak Kuli Angkut Raih IPK Cumlaude Di Unsoed Hingga Kerja Part Time

masukkampus

Indri Suwarti sama (22) sekali tidak menyangka bakal mengenyam pendidikan hingga bangku kuliah. Faktor ekonomi menjadi kendala utama untuk menggapai impiannya sejak kecil itu.
.
Namun, berbekal tekad yang kuat dan dukungan dari gurunya di SMK, Indri akhirnya berhasil masuk Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah melalui jalur Bidikmisi.
.
Indri meraih predikat cumlaude dengan Indeks Prestasi Kumulatif ( IPK) 3,94.
.
Uang saku dari oran tuanya yang hanya Rp 10.000 per hari hanya cukup untuk biaya transportasi. Uang tersebut dipakai untuk beli bensin, sehingga saat di kampus jarang sekali jajan, karena uangnya sudah habis. Yang penting bisa buat beli bensin daripada buat jajan.
.
Untuk memenuhi kebutuhan lain, Indri rela kerja part time. Berbekal pengalaman ketika duduk di bangku SMK Negeri 3 Purwokerto Jurusan Perhotelan, Indri bekerja di sebuah hotel sebagai waiters dan housekeeping pada akhir pekan.
.
Ayahnya, Natun, hanya bekerja sebagai kuli bongkar muat truk pembawa pasir atau batu sedangkan ibunya, Toinah alias Sutarni menderita sakit epilepsi.
.
Sehari penghasilannya Rp 60.000, sekarang malah jarang berangkat kerja, karena truknya sering rusak, kadang pulang malam justru memperbaiki truk. Kalau musim hujan juga sungai banjir, jadi enggak berangkat kerja.
.
Indri mengatakan, selepas lulus rencananya akan mengajar di sekolah. Impian untuk melanjutkan S2 terpaksa ditunda terlebih dahulu karena ingin mencari uang untuk menyekolahkan adiknya yang akan masuk SMK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

IPB University Akan Menerima 4.100 Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2020

Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2020 sebentar lagi akan dibuka. Penerimaan jumlah mahasiswa baru di setiap institusi ada yang sudah ditentukan, salah satunya Institut Pertanian Bogor (IPB University)..Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University Dr Drajat Martianto mengatakan, pada tahun 2020 nanti, IPB University siap menerima mahasiswa baru […]

Subscribe US Now