Penjelasan Lengkap Kak Seto Sekolah Hanya Tiga Hari

masukkampus 1

Usulan Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi ( Kak Seto) mengenai sekolah hanya tiga hari, ramai diperbincangkan publik.
.
Namun, Kak Seto menyatakan hal itu hanya sebagai pilihan yang nantinya dapat dipilih oleh anak.
.
Ini ada salah persepsi, intinya begini, kita mengacu pada UU No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
.
Dalam undang-undang tersebut tegas menyatakan jalur pendidikan di Indonesia ada 3, jalur pendidikan formal, nonformal dan informal.
.
Kak Seto mengungkapkan pendidikan formal ialah sekolah pada umumnya dengan waktu enam hari atau 5 hari, sedangkan nonformal adalah seperti kursus mungkin ke bimbel atau dengan homeschooling.
.
Untuk homeschooling, imbuhnya ada tiga. Yakni homeschooling tunggal itu yang informal dengan belajar sendiri dengan keluarga. Kedua yakni homeschooling majemuk, dua hingga tiga keluarga berhimpun menjadi satu.
.
Selain itu, ia juga menyarankan untuk anak-anak yang tidak cocok dengan pendidikan formal yang mungkin waktunya sampai sore, hal itu yang tidak bisa dipaksakan dengan sekolah formal.
.
Standar Nasional Pendidikan
.
Hal tersebut dikarenakan UU No 20 Tahun 2003 pasal 26 dan 27 dengan tegas menyatakan bahwa jalur pendidikan informal maupun nonformal, diakui setara dengan hasil pendidikan formal pada saat siswa sudah mengikuti evaluasi sesuai dengan standar nasional pendidikan.
.
Ia memberi contoh saat anaknya mogok sekolah, hingga akhirnya ia mencari jalan keluar dengan mencoba jalur pendidikan kesetaraan.

One thought on “Penjelasan Lengkap Kak Seto Sekolah Hanya Tiga Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Anak Kuli Angkut Raih IPK Cumlaude Di Unsoed Hingga Kerja Part Time

Indri Suwarti sama (22) sekali tidak menyangka bakal mengenyam pendidikan hingga bangku kuliah. Faktor ekonomi menjadi kendala utama untuk menggapai impiannya sejak kecil itu..Namun, berbekal tekad yang kuat dan dukungan dari gurunya di SMK, Indri akhirnya berhasil masuk Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa […]

Subscribe US Now