Nadiem Tetapkan Program Merdeka Belajar, Salah Satunya Menghapus Ujian Nasional

masukkampus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim menetapkan empat program pembelajaran nasional.
.
Nadiem menyebut empat program ini sebagai kebijakan pendidikan “Merdeka Belajar”.
.
empat program yang ditetapkan adalah:
Pertama, arah kebijakan baru penyelenggaraan USBN, pada tahun 2020 akan dilakukan dengan ujian yang diselenggarakan hanya oleh sekolah.
.
Ujian tersebut dilakukan untuk menilai kompetensi siswa yang dapat dilakukan dalam bentuk tes tertulis atau bentuk penilaian lainnya yang lebih komprehensif, seperti portofolio dan penugasan, baik itu tugas kelompok, karya tulis, maupun sebagainya.
.
Kedua, mengenai UN, Nadiem menegaskan tahun 2020 merupakan pelaksanaan UN untuk terakhir kalinya.
.
Penyelenggaraan UN tahun 2021, akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter yang terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.
.
Pelaksanaan ujian tersebut akan dilakukan oleh siswa yang berada di tengah jenjang sekolah (misalnya kelas 4, 8, 11), sehingga dapat mendorong guru dan sekolah untuk memperbaiki mutu pembelajaran.
.
Ketiga, untuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kemendikbud akan menyederhanakannya dengan memangkas beberapa komponen.
.
Keempat, dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB), Kemendikbud tetap menggunakan sistem zonasi dengan kebijakan yang lebih fleksibel untuk mengakomodasi ketimpangan akses dan kualitas di berbagai daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tiga Ribu Lebih Anak SMA Siap Berkumpul Di Try Out Masuk Kampus Malang

Perjuangan untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri kini semakin sulit dan tidak mudah, semua tentunya harus dilakukan dengan persiapan yang matang dan usaha yang tidak cukup singkat. Latihan simulasi soal-soal try out SBMPTN salah satu tips untuk menguatkan mental dan juga kecepatan dalam menyelesaikan setiap butir pmbahasan soal-soal..MasukKampus Malang telah sukses […]

Subscribe US Now