Aktuaria, Prodi Menjanjikan Namun Masih Belum Banyak Dikenal

masukkampus

Apakah kamu pernah mendengar program studi ( prodi) aktuaria? Bisa dibilang bahwa prodi itu masih jarang dikenal dan belum banyak orang Indonesia yang mengetahuinya.
.
1. Bidang ilmu penting
Aktuaria mempelajari tentang pengelolaan risiko keuangan pada masa mendatang. Beberapa bidang ilmu penting yang akan didapatkan yaitu sebagai berikut:
.
a. Matematika keuangan
Prodi ini berkaitan erat dengan ilmu matematika, khususnya matematika keuangan. Mata kuliah itu mempelajari mengenai tingkat suku bunga, anuitas nilai pembayaran sekarang dan masa depan yang belaku, misalnya dana pensiun dan cicilan pembayaran.
.
b. Statistika
Statistika tidak hanya membahas tentang mean, median, dan modus, tetapi juga mempelajari tentang teori peluang dan analisis data. Konsep penting dari teori peluang yaitu memahami permutasi dan kombinasi, sedangkan analisis data menelaah tentang ukuran pemusatan dan penyebaran data.
.
c. Akuntansi
Ilmu ini berkaitan erat dengan hitung-menghitung dan pembuktian, bahkan hasilnya dijadikan dasar untuk membuat suatu keputusan.
.
d. Manajemen risiko
Bidang ini berkaitan erat dan sering digunakan dalam industri asuransi, seperti asuransi jiwa, dana pensiun, asuransi kesehatan, dan asuransi umum, termasuk teknik simulasi dan permodelan.
.
e. Ekonomi
Dalam prodi aktuaria, ilmu ekonomi akan mempelajari tentang mikroekonomi dan makroekonomi. Mikroekonomi membahas tentang metodologi dan liputan analisis ekonomi, teori permintaan, tingkah laku konsumen, produksi, dan mekanisme pasar lainnya.
.
2. Suka matematika
Ilmu matematika merupakan salah satu pengetahuan sedikit peminatnya. Jika mau kuliah di prodi aktuaria, maka kamu harus suka dengan matematika.
.
3. Jadi “peramal”
Peramal yang disebut di sini maksudnya kamu bisa berprofesi sebagai aktuaris, yaitu pekerjaan yang memprediksi atau mencari suatu risiko keuangan melalui perhitungan yang tepat.
.
4. Dibuka di sejumlah perguruan tinggi
Yakni Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Gadjah Mada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Saatnya Kota Surabaya Akan Hadirkan Try Out MasukKampus Minggu Ini!

Hanya berselang 2 minggu setelah UNBK seluruh siswa kelas 12 sudah harus mengikuti ujian lagi yaitu UTBK agar bisa lolos di SBMPTN PTN yang diinginkan..Dengan mengikuti acara Masuk Kampus yang selalu berhasil membuat acara Try Out UTBK di setiap kota dengan meriah dan membuat seluruh peserta atau calon mahasiswa menjadi […]

Subscribe US Now