Mendikbud Yang Baru Menyetujui Mengkaji UN Sebagai Penentu Kelulusan

masukkampus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengaku sedang mengkaji ulang bentuk penyelenggaraan dan fungsi Ujian Nasional (UN). Kendati demikian, khusus tahun depan, UN masih tetap akan digelar dan berbasis komputer.
.
Pengkajian termasuk membahas apakah UN akan kembali berfungsi sebagai penentu kelulusan atau tidak.
.
Ia mengatakan, pengkajian UN dilakukan dengan para guru dari beragam organisasi profesi guru, pakar pendidikan dan pemangku kepentingan di Kemendikbud. Komunitas pendidikan dan perwakilan masyarakat juga ikut memberi masukan kepada Nadiem. Ia membentuk tim khusus untuk mengkaji UN dan zonasi yang tahun depan akan disempurnakan.
.
Mantan Mendikbud Muhadjir Effendy saat masa tugasnya akan berakhir sempat mengeluarkan wacana mengembalikan fungsi UN. Yakni, sebagai penentu kelulusan. Pasalnya, dalam 3 tahun terakhir, fungsi UN hanya untuk memetakan mutu sekolah.
.
Muhadjir menegaskan, UN bisa menjadi penentu kelulusan dengan catatan penyelenggaraannya sudah semua berbasis komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ini Dia Jadwal Resmi UTBK SBMPTN 2020

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan secara resmi Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Perguruan Tinggi Negeri ( PTN) tahun 2020 pada hari ini, Jumat (15/11/2019), bertempat di Ruang Sidang Utama Gedung D Kemendikbud..Berikut jadwal resmi UTBK dan SBMPTN 2020 yang disampaikan dalam peluncuran PMB 2020 Kemendikbud:.Jadwal UTBK 2020:1. Registrasi Akun […]

Subscribe US Now