Yakin Dengan Pilihan Jurusan Kamu? Hal ini Bisa Bikin Salah Jurusan

masukkampus

Memilih jurusan kuliah yang tepat dan sesuai bagi diri sendiri, memang tidaklah mudah dan perlu berbagai pertimbangan. Nah, seringkali orang mengira bahwa penyebab salah jurusan adalah hal-hal yang serius.
.
Padahal, penyebab salah jurusan seringkali bermula dari hal-hal sepele yang mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya. Lalu, apakah hal-hal sepele tersebut?
.
1. Terlalu mendengarkan ucapan orang lain, tanpa mempertimbangkan fakta yang ada. Pendapat ataupun saran orang lain boleh-boleh saja kamu dengar dan terima, namun dengan catatan harus berdasarkan fakta yang ada. Mungkin orang lain memang bermaksud baik, tapi bukan berarti mereka selalu benar, ‘kan?
.
2. Mengabaikan suara hati. Apa perasaanmu saat dihadapkan dengan berbagai pilihan jurusan tertentu? Apakah ada perasaan tidak nyaman atau tidak enak? Bila ada, sebaiknya kamu harus lebih waspada dan peka ya. Bisa jadi itu adalah suara hati yang memperingatkanmu bahwa kamu sebetulnya tidak cocok di jurusan tersebut.
.
3. Tidak pernah memikirkan tentang jurusan kuliah yang mungkin cocok untukmu. Janganlah membuat keputusan untuk memilih jurusan secara tergesa-gesa, apalagi bila kamu tidak pernah memikirkan hal tersebut sebelumnya. Ujung-ujungnya, kamu mungkin akan memilih jurusan kuliah secara asal-asalan. Jadi, pikirkanlah sejak dini, ya!
.
4. Tidak mengenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Memilih jurusan kuliah juga hendaknya didasarkan pada kesukaan dan kemampuan diri. Itu berarti, kamu harus mengenali dirimu sendiri dengan baik ya. Sebab, bila kamu tidak tahu apa kekurangan dan kelebihanmu, maka akan lebih sulit bagimu untuk memilih jurusan kuliah yang tepat.
.
5. Membuat keputusan dalam kondisi emosional. Memilih jurusan kuliah sebaiknya dilakukan dalam kondisi tenang dan rasional. Hindari membuat keputusan, termasuk keputusan untuk memilih jurusan dalam kondisi emosional. Misalnya seperti, saat marah, sedih, bahkan saat terlalu senang sekalipun.
.
Karena dalam kondisi tersebut kita mengedepankan perasaan tanpa mempertimbangkan fakta ataupun data yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pendaftaran SBMPTN 7 Prodi Sepi Peminat Di UGM

Mayoritas peserta yang tidak lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2019 mencoba alternatif mengikuti ujian SBMPTN guna masuk ke universitas favoritnya..Jurusan favorit tentunya memiliki daya saing yang cukup ketat, namun di samping itu ada banyak pilihan jurusan di universitas favorit yang ternyata rendah peminatnya..Dikutip dari data, berikut data 7 […]

Subscribe US Now