Malas Untuk Belajar? Intip Yuk Tips Agar Kamu Konsentrasi Belajar

masukkampus

Salah satu cara untuk mencapai keberhasilan belajar dan bisa menguasai bidang tertentu adalah dengan memiliki kemampuan fokus dan penuh konsentrasi yang disebut deepwork.
.
Deepwork adalah aktivitas profesional yang dilakukan dalam keadaan penuh konsentrasi dan bebas gangguan. Supaya kamu bisa belajar dengan penuh konsentrasi dibutuhkan latihan yang tekun dan serius dengan mengikuti tips belajar berikut ini.
.
1. Buat jadwal untuk belajar. Perlu dibuatkan waktu khusus yang tetap untuk melakukan deepwork, misalnya saat istirahat atau setelah makan siang di sekolah. Kalau deepwork tidak memungkinkan untuk dipraktikkan di sekolah, coba praktikkan di malam hari saat kamu sedang berada di rumah.
.
2. Tentukan waktu. Alokasikan waktu berapa lama kamu ingin melakukan deepwork. Bagi pemula, biasanya deepwork bisa dilakukan selama satu jam. Jadi, selama satu jam kamu akan konsentrasi penuh untuk belajar. Tidak ada gangguan, seperti bermain handphone dan sebagainya untuk bisa fokus selama satu jam.
.
3. Tambah waktu. Jika sudah terbiasa, baru kamu bisa menambah durasi waktu belajar atau deepwork-mu. Dari yang sebelumnya satu jam menjadi dua jam, begitu seterusnya. Sehingga kamu bisa belajar penuh konsentrasi dalam waktu yang semakin lama.
.
4. Cari tempat yang nyaman. Cara ini pernah dilakukan J.K Rowling saat menulis buku ke-7 dari series Harry Potter. Karena kondisi rumah yang kurang kondusif dan tidak tenang, akhirnya Rowling menyewa sebuah kamar hotel dan bisa menulis dengan lancar. Tapi, kamu tidak perlu menyewa kamar hotel, cari saja tempat yang nyaman, tidak bising dan cocok untuk dijadikan tempat belajar.
.
5. Lakukan persiapan. Kamu boleh membawa minuman dan makanan seperti cemilan ringan ke dalam ruang belajar. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kalau-kalau rasa haus dan lapar menghambat deepwork kamu.
.
6. Jangan lupakan shutdown ritual. Tidur malam yang cukup dan berkualitas. Begitu selesai belajar dimalam hari, langsung tutup buku, matikan semua barang elektronik dan segera beristirahat dengan cara tidur. Supaya badan kamu besok jadi segar dan siap untuk melakukan deepwork kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Yakin Dengan Pilihan Jurusan Kamu? Hal ini Bisa Bikin Salah Jurusan

Memilih jurusan kuliah yang tepat dan sesuai bagi diri sendiri, memang tidaklah mudah dan perlu berbagai pertimbangan. Nah, seringkali orang mengira bahwa penyebab salah jurusan adalah hal-hal yang serius..Padahal, penyebab salah jurusan seringkali bermula dari hal-hal sepele yang mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya. Lalu, apakah hal-hal sepele tersebut?.1. Terlalu mendengarkan […]

Subscribe US Now