Pengen Lolos Seleksi PTN Favorit? Sifat Ini Wajib Kamu Miliki!

masukkampus

Setiap tahunnya PTN Di berbagai Indonesia hanya menyediakan sekitar 100 ribu kursi, sedangkan yang mendaftar mencapai 500 ribu peserta. Hal ini tentu dibutuhkan kegigihan yang tinggi agar bisa tembus PTN impian.
.
Maka dari itu kamu perlu memiliki 5 sifat yang harus ditanamkan pada diri agar kamu bisa lolos seleksi masuk PTN nantinya.
.
1. Self-aware. Mereka yang memiliki self-aware tinggi memiliki kemampuan untuk memahami kelebihan dan kekurangan mereka. Sehingga mereka jarang sekali terjebak di situasi yang salah. Karena sebelum mengambil keputusan, mereka selalu memikirkannya matang-matang.
.
Ketika memiliki tujuan, yakni ingin berkuliah di PTN tertentu, mereka juga akan memikirkan taktik apa saja yang harus mereka lakukan.
.
2. Ambisius. Ambisi harus dibarengi dengan kerja keras. Kamu juga harus siap mengorbankan waktumu untuk bermain demi belajar materi untuk UTBK. Tetapi percayalah bahwa semuanya tidak akan sia-sia saat kamu mendapat kata selamat di hari pengumuman nanti.
.
3. Konsisten. Konsisten adalah kunci agar kamu bisa diterima di PTN yang kamu inginkan. Kamu harus konsisten belajar. Lebih baik mencicil materi sedikit demi sedikit asal teratur dibandingkan melahap habis beberapa bab tapi tidak konsisten. Dan juga jangan lupa untuk latihan soal. Kamu bisa menargetkan diri harus mengerjakan sekitar beberapa soal dalam sehari dan juga rutin tentunya.
.
4. Optimis. Apapun nanti hasilnya, kamu harus selalu berpikiran optimis. Kamu harus yakin jika tidak ada perjuangan yang sia-sia. Karena yang terpenting adalah kamu sudah berusaha semaksimal mungkin. Percayakan hasilnya pada yang di Atas. Jika kamu sudah benar-benar pasrah, Tuhan tidak akan pernah mengecewakanmu.
.
5. Kreatif. Kamu tentunya tidak mau kan sistem belajar yang itu-itu saja alias membosankan. Kamu memang membutuhkan sesuatu yang sedikit unik agar lebih semangat untuk belajar.
.
Misalnya kamu bisa mengasah kreativitasmu dengan membuat mind mapping. Sehingga otakmu lebih mudah menyerap materi tersebut karena disajikan dengan cara yang kreatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Malas Untuk Belajar? Intip Yuk Tips Agar Kamu Konsentrasi Belajar

Salah satu cara untuk mencapai keberhasilan belajar dan bisa menguasai bidang tertentu adalah dengan memiliki kemampuan fokus dan penuh konsentrasi yang disebut deepwork..Deepwork adalah aktivitas profesional yang dilakukan dalam keadaan penuh konsentrasi dan bebas gangguan. Supaya kamu bisa belajar dengan penuh konsentrasi dibutuhkan latihan yang tekun dan serius dengan mengikuti […]

Subscribe US Now