Suara Nadiem Makarim Menentukan Pemilihan Rektor Baru ITB

masukkampus

Untuk pertama kalinya, Nadiem Makarim akan memberikan suaranya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam pemilihan rektor (Pilrek) perguruan tinggi negeri di Indonesia.
.
Hermawan menjelaskan, Pilrek ITB diikuti 30 kandidat yang sudah dikerucutkan menjadi 10 kandidat.
.
Ketua Majelis Wali Amanat ITB, Prof Yani Panigoro mengatakan, bila tidak ada halangan dan sesuai rencana, MWA akan menerima 3 nama calon rektor dari senat ITB awal November ini. Setelah itu, pihaknya akan melakukan rapat dengan Mendikbud Nadiem pada 8 November untuk membahas Pilrek ITB.
.
Suara Menteri Nadiem menjadi salah satu penentu. Sebab Kemendikbud memiliki hak pilih dengan komposisi hak suara 35 persen.
.
Salah satu tahapan yang harus dilalui para calon rektor adalah debat terbuka. Dalam debat terbuka kemarin, berbagai persoalan diperdebatkan. Salah satunya terkait isu radikalisme, intoleransi yang ramai mengiringi Pilrek ITB.
.
Langkah pertama bisa dimulai dengan saling mengenal. Salah satunya, saat awal mahasiswa kuliah, dosen mengatur agar mahasiswa bergabung dalam kelompok yang beragam.
.
Bakal calon rektor lainnya, Bramantyo menawarkan konsep Sakti, yakni mata kuliah spiritualitas akhlak kepemimpinan berbasis toleran dan inklusif. Pelajaran ini diberikan pada tahun pertama dan terakhir.
.
Intinya, Sakti diberikan untuk membangun jiwa kepemimpinan yang toleran dan inklusif. Jadi, saat akan membuat keputusan, memilih orang, mahasiswa mempertimbangkan faktor keberagaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kamu Mau Masuk Prodi Desain Grafis? Ini 5 PTN Terakreditasi A

Perkembangan pesat sektor industri di era digital ini membuat kita disuguhi banyak iklan yang berseliweran di internet. Di media sosial terutama, makin banyak iklan yang disajikan dalam bentuk gambar hingga video..Jika kamu berminat menekuni bidang ini, program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) cocok buatmu. Di Indonesia ada 22 kampus dengan […]

Subscribe US Now