Sistem UTBK Mengakibatkan Pendaftar ITS Turun Sampai 58,9 Persen

Jumlah peminat program studi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tahun ini menurun 58,9% dikarenakan faktor perubahan kebijakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.
.
Adi Soeprijanto, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS, mengatakan jumlah pendaftar di ITS tahun ini tercatat mencapai 14.165 pendaftar. Jumlah itu turun dibandingkan tahun 2018 yang mencapai 34.446 pendaftar.
.
Selain itu, melihat data rata-rata tertinggi nilai SBMPTN pendaftar di setiap perguruan tinggi tahun 2018, ITS sendiri telah menempati posisi ke-4 baik pada bidang sains dan teknologi (saintek) maupun sosial dan humoniora (soshum). Hal tersebut menimbulkan anggapan bahwa hanya pendaftar yang memiliki nilai UTBK tinggi yang berani mendaftarkan diri ke ITS.
.
Sementara itu dengan melihat rekap data nilai UTBK pada tahun ini di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), menunjukan jumlah peserta yang memiliki nilai setiap mata ujian tinggi tidak begitu banyak.
.
Adapun dari jumlah peminat pendidikan di ITS tahun ini kebanyakan memilih program studi Teknik Informatika dengan jumlah pendaftar 1.027 orang, disusul prodi Teknik Elektro 660 pendaftar, dan yang sedikit peminat yakni desain interior hanya 218 pendaftar.
.
Sedangkan berdasarkan daerah pendaftar yakni sebangain besar berasal dari Jawa Timur sebanyak 7.195 pendaftar, disusul Provinsi Jawa Barat sebanyak 1.264 pendaftar dan Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta sebesar 1.013 pendaftar.

One thought on “Sistem UTBK Mengakibatkan Pendaftar ITS Turun Sampai 58,9 Persen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Universitas Diponegoro Tidak Batasi Nilai UTBK SBMPTN

Universitas Diponegoro (Undip) Semarang tidak menentukan standar minimal nilai Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) yang digunakan sebagai syarat mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun ini..Menurut dia salah satu panitia UTBK, nilai UTBK para calon mahasiswa tersebut nantinya akan bersaing di masing-masing program studi. Oleh karena itu, kata dia, […]

Subscribe US Now