Ini Yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Lolos UTBK!

masukkampus

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Padjadjaran Arry Bainus mengatakan, terdapat beberapa hal yang perlu dicermati dalam mengikuti UTBK, salah satunya mengenai konten ujian.
.
Ujian akan terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). TPS merupakan tes yang akan mengukur kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.
.
TPS dalam UTBK memiliki bobot nilai yang lebih besar dibandingkan TKA.
.
TPS sebesar 60% dihitung nilainya daripada tes akademik. Kenapa besar? Karena kalau yang ini bisa belajar di mana saja dan karenanya sudah melekat. Sementara tes akademik hanya 40%.
.
Lebih lanjut, dia menuturkan dalam UTBK ini penekanannya bukan dari nilai secara kumulatif tetapi lebih kepada komponen.
.
Menurutnya misal ingin ke kedokteran, maka titik tekan di kimia dan biologi. Berbeda dengan yang mau teknik sipil maka matematika dan fisika yang lebih besar.
.
Yang harus dicermati, jika nilai fisika jeblok ya tidak mungkin masuk teknik.
.
Hal lain yang perlu diperhatikan, apabila peserta ingin mengikuti SBMPTN lintas prodi kelompok saintek dan soshum, dengan kesempatan dua kali UTBK peserta hanya diperbolehkan mengikuti tes tiap kelompok ujian masing-masing satu kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Peserta UTBK 3,5 Jam Dilarang Keluar Ruangan

Peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2019 mengikuti tes yang berlangsung 3 jam. Peserta dilarang keluar ruangan walaupun sudah selesai..Waktu UTBK memiliki durasi panjang selama 3,5 jam pada setiap sesi. Untuk sesi pagi, Arry Koordinator Bidang Implementasi di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi […]

Subscribe US Now