Jurusan Ini Sering Dianggap Remeh, Tapi Memiliki Prospek Kerja Yang Oke

Pernah gak kamu mendengar cemooh orang tentang beberapa jurusan kuliah yang ada di Indonesia? Pasti pernah, terutama saat ada obrolan basa-basi di keluarga maupun tempat umum. Namun, siapa sangka enam jurusan yang sering dianggap remeh ini sebenarnya punya prospek kerja yang oke di masa kini.
.
Pertama Sosiologi, sebenarnya jurusan ini sangat dibutuhkan di berbagai instansi pemerintah bahkan start-up sekalipun. Itu karena lulusannya biasanya memiliki pengalaman riset lapangan yang baik juga pendalaman terhadap kondisi sosial yang oke.
.
Kedua Antropologi, mereka tersebar di berbagai start-up, biasanya untuk mengisi tim riset tentang konsumen. Lulusannya juga banyak yang mengisi kursi-kursi institusi pemerintah utamanya yang bergerak di bidang pelestarian budaya atau yang bersinggungan langsung dengan masyarakat di wilayah tertentu. Belum lagi yang bekerja di NGO dan lembaga riset sosial independen.
.
Ketiga Ilmu Perpustakaan, bukan cuma menata buku di perpustakaan, mereka juga berjibaku dengan perangkat lunak yang berhubungan dengan data jadi jangan dianggap remeh, deh.
.
Keempat Sosiatri, Korporat termasuk BUMN sangat membutuhkan mereka. Tugas mereka biasanya ada di sektor Corporate Social Responsibility (CSR).
.
Kelima Teknik Energi Terbarukan, pasca krisis energi yang terjadi beberapa minggu lalu, energi terbarukan mulai dilirik. Memang sudah saatnya Indonesia memikirkan sumber energi selain fossil yang bisa digunakan di masa depan.
.
Keenam Pertanian, Peternakan, dan Perikanan, Jelas tidak menjanjikan kalau kamu mengejar pekerjaan korporat. Lulusannya memang diarahkan untuk bekerja membangun ketahanan pangan sebuah negara. Nyatanya banyak anak muda yang kini melirik peluang usaha di bidang kuliner lewat sumber pangan yang mereka hasilkan sendiri, walau prosesnya tidak mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *