Ini Dia Tips Agar Kamu Tidak Panik Untuk Hadapi Ujian

masukkampus

Ujian bukan saja perihal menghadapi soal tetapi juga bagaimana mengatur mental agar tidak gugup, tetap positif dan tetap semangat. Lalu bagaimana cara menghadapi ujian agar lancar dan hasilnya maksimal? Yuk, coba beberapa tips berikut ini.
.
Pertama tetapkan tujuan ketika belajar, tetapkan tujuanmu sebelum memulai belajar dan ketahui apa sebenarnya tujuanmu belajar? Ingin paham, mendapat nilai baik, naik kelas atau lolos ujian masuk universitas. Agar lebih fokus dan menambah motivasi karena ada goals yang akan dicapai.
.
Kedua berusaha fokus dan hindari hal-hal yang dapat menganggu konsentrasi, ada banyak hal yang memicu kurangnya fokus seperti gadget atau hal-hal baru yang lebih menarik daripada belajar. Mulai saat ini berlatihlah untuk lebih fokus dengan memiliki tekad bulat belajar sungguh-sungguh, jika perlu singkirkan sejenak hal yang bisa membuat fokus goyah.
.
Ketiga konsisten meskipun sulit, dalam belajar ada kalanya kita menemukan kesulitan atau materi yang sulit dipahami. Jangan berputus asa atau menjadi jadi malas belajar, teruslah mencari cara agar kesulitannmu menemukan solusi dan akhirnya kamu menjadi paham tentang pelajaran tersebut.
.
Keempat jaga tubuh tetap sehat dan pikiran tenang, dengan tubuh yang sehat dan pikiran yang tenang maka proses belajar serta mengingat menjadi lebih mudah. Untuk itu jaga kesehatan tubuh dengan makanan sehat, pastikan dirimu rileks, jangan terlalu lelah dan stres.
.
Saat capek istirahatlah sejenak atau tidur. Tidur memiliki manfaat seperti mengistirahatkan fisik, pikiran, meningkatkan daya berpikir, konsentrasi, dan kemampuan kerja.
.
Terakhir banyak berlatih, luangkan waktu untuk rutin belajar meskipun hanya hitungan menit. Dengan banyak berlatih secara rutin dan konsisten dapat terhindar dari rasa lelah dan berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

UPI PTN Paling Diminati Di Indonesia Masuk Dalam Peringkat 4

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Asep Kadarohman mengungkapkan, kampus yang dipimpinnya masuk dalam 10 besar perguruan tinggi negeri yang paling banyak diminati di Indonesia..UPI menempati posisi keempat dengan jumlah peminat sebanyak 48.231 orang..Menurut Asep, jumlah total mahasiswa baru yang diterima UPI di 2019 berjumlah 10.158 orang mahasiswa, terdiri dari […]

Subscribe US Now