ITB Mengatakan Perguruan Tinggi Sulit Mencetak Pengusaha

masukkampus

Perguruan Tinggi dituntut untuk mengembangkan kegiatannya berbasis kewirausahaan. Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB), Kadarsah Suryadi menyebutkan perkembangan industri saat ini kian menuntut pada pengembangan perguruan tinggi berbasis kewirausahaan (entrepreneur university).
.
Kampus dituntut bisa menghasilkan lulusan yang berperan sebagai inovator dalam menciptakan lapangan kerja, bukan lagi sebatas kalangan profesional ataupun peneliti agat memberikan nilai tambah ekonomi dan dampak sosial langsung pada masyarakat.
.
Kadarsah mengatakan, hingga saat ini pun sebagian besar lulusan perguruan tinggi masih kesulitan untuk melahirkan lulusan yang akan berperan sebagai wirausaha atau pengusaha. Secara rata-rata, hanya 1% dari setiap kampus yang bisa menelurkan wirausaha. Sementara untuk kampus-kampus teratas dunia rerata hanya menghasilkan 8% dari total lulusan.
.
Kendati mengejar target 4% lulusan ITB menjadi wirausaha, Kadarsah menekankan bahwa proses belajar dan riset tak boleh dikorbankan. Dalam hal ini, produk keluaran universitas yang profesional akan menunjang tujuan untuk menjadi wirausaha. Selain itu, adanya publikasi ilmiah yang menjadi rujukan internasional (sitasi) akan mengangkat kualitas pendidikan tinggi di Indonesia sehingga kian dihormati di mata dunia.
.
Ia pun menuturkan aspek pembelajaran dan riset masuk menjadi strategi ITB untuk mencapai target entrepreneur university tersebut. Saat ini, pihaknya mendorong dosen dan profesor di ITB untuk menghasilkan riset kelas dunia.
.
Riset ini, katanya, bukan merujuk pada penelitian yang menyelesaikan masalah global saja. Lebih penting, penelitian ini bisa menyelesaikan masalah lokal namun hasil dan metodologinya diakui ilmuwan dunia.
.
Tak kalah penting, Kadarsah pun menyebutkan penguatan penjaminan akreditasi juga berperan penting, baik di dalam negeri maupun internasional. Dengan mengantongi akreditasi internasional khususnya, kampus akan memiliki standar pengajaran yang baik. Selain itu, kampus pun akan ditantang untuk terus memperbaiki temuan akreditasi sebelumnya.
.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

UI Disarankan Membangun Kampus Di Ibu Kota Baru

Universitas Indonesia atau UI disarankan membangun kampus di calon ibu kota baru di Kalimantan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro..Bambang menyebutkan UI dapat membangun kampus cabang atau memindahkan beberapa fakultas di ibu kota baru tersebut. Menurutnya Kampus UI (jadi) dua (lokasi) atau pindah fakultas. Mungkin (Fakultas) Teknik […]

Subscribe US Now