UI Turun Peringkat Klasterisasi Kampus Terbaik di Indonesia

masukkampus

Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan, klasterisasi ini tujuannya ingin mendorong perguruan tinggi Indonesia semakin maju dan masuk ke kelas dunia.
.
Universitas Indonesia (UI) berada di posisi kelima dengan skor 3.401, dari data tersebut menunjukkan ranking UI terus menurun. Berbeda dengan ITB yang makin berjaya. Terus merosotnya rangking UI, menurut Nasir salah satunya dilihat dari nilai outcome.
.
Pemeringkatan Perguruan Tinggi 2019 berfokus pada indikator atau penilaian yang berbasis Output – Outcome Base, yaitu dengan melihat kinerja masukan dengan bobot 40 % yang meliputi kinerja Input (15%) dan Proses (25%), serta Kinerja Luaran dengan bobot 60% yang meliputi Kinerja Output (25%), dan Outcome (35%).
.
Penambahan indikator baru tersebut sebagai upaya agar perguruan tinggi dapat secara aktif merespons perkembangan zaman, terutama revolusi industri keempat dan kebutuhan tenaga kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Rektor UB Mengaku Tidak Level Bersaing dengan UI UGM ITB

Saat ini posisi Universitas Brawijaya (UB) masih di atas 1.000 dalam rangking universitas dunia. Namun, dalam waktu 5 tahun ini, UB ditargetkan Kemenristekdikti untuk masuk dalam 500 terbaik..Rektor UB Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS, targetkan mengusulkan dalam 10 tahun, tapi kemudian diminta 5 tahun menjadi rangking 500 dunia. […]

Subscribe US Now