Rektor UB Mengaku Tidak Level Bersaing dengan UI UGM ITB

masukkampus

Saat ini posisi Universitas Brawijaya (UB) masih di atas 1.000 dalam rangking universitas dunia. Namun, dalam waktu 5 tahun ini, UB ditargetkan Kemenristekdikti untuk masuk dalam 500 terbaik.
.
Rektor UB Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS, targetkan mengusulkan dalam 10 tahun, tapi kemudian diminta 5 tahun menjadi rangking 500 dunia. Dalam mengejar target ini, UB sendiri terus berupaya untuk mengalihkan status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Diharapkan bisa leluasa mengelola sendiri sehingga bisa berkiprah di internasional.
.
RPP (Rancangan Peraturan Pemerintah) pun saat ini sedang disusun untuk kemudian diusulkan kepada presiden. Untuk masuk ke dalam rangking 500 dunia ini, salah satu langkah utama yang dilakukan UB adalah mengubah mindset mahasiswa dan dosen untuk bersaing di level dunia.
.
Nuhfil sendiri menegaskan, UB sudah bukan levelnya lagi bersaing dengan UI, UGM, ITB. Ia disuruh bersaing di internasional. Seperti bersaing dengan UPM, Kasetsart University, Nanyang Technological University, maupun yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Anak Tukang Bubur Raih Beasiswa S2 dan S3 Di IPB University

Berasal dari keluarga yang sederhana, bukanlah menjadi penghambat untuk dapat menempuh pendidikan tinggi. Hal ini dibuktikan oleh mahasiswa IPB University, Eka Setiawan dari Program Studi Biologi Tumbuhan dan juga awalnya dengan Ketertarikan pada bidang keanekaragaman tumbuhan..Eka mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi S2 sekaligus S3 setelah lulus sarjana di IPB University. […]

Subscribe US Now