Klasterisasi Kemenristekdikti ITB, UGM, IPB, Kampus Terbaik di Indonesia

masukkampus

Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia kembali mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2019. Klasterisasi ini dilakukan untuk memetakan perguruan tinggi Indonesia yang berada di bawah naungan Kemenristekdikti guna meningkatkan kualitas perguruan tinggi sekaligus menjadi dasar bagi Kemenristekdikti untuk memberikan kebijakan sesuai kapasitas setiap klaster perguruan tinggi tersebut. Juga mendorong perguruan tinggi Indonesia semakin maju dan masuk ke kelas dunia.
.
ITB berhasil meraih peringkat teratas untuk kategori Perguruan Tinggi Non-Vokasi dengan skor total 3,671 kemudian disusul oleh Universitas Gadjah Mada di peringkat ke-2 dengan skor total 3,594, dan Institut Pertanian Bogor pada peringkat ke-3 dengan skor total 3,577.
.
Atas pencapaian tersebut, Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA., menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kemenristekdikti atas terselenggaranya acara tersebut. Menurutnya pemeringkatan perguruan tinggi merupakan suatu media penting dalam memotivasi semua perguruan tinggi untuk maju bersama-sama dan melakukan continous improvement.
.
Dalam rangka mengapresiasi beberapa perguruan tinggi dengan ranking tertinggi, Kemenristekdikti saat ini mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk memberikan ‘endowment fund’ atau dana abadi sebasar 10 triliun rupiah diawal untuk dialokasikan bagi riset di perguruan tinggi terbaik di Indonesia.
.
Pada kesempatan ini, Menristekdikti menegaskan kembali tidak ada dikotomi antara perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS), yang terpenting adalah kualitasnya. Menteri Nasir mengapresiasi beberapa PTS yang mampu bersaing dengan PTN dan berada pada klaster 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

UI Turun Peringkat Klasterisasi Kampus Terbaik di Indonesia

Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan, klasterisasi ini tujuannya ingin mendorong perguruan tinggi Indonesia semakin maju dan masuk ke kelas dunia..Universitas Indonesia (UI) berada di posisi kelima dengan skor 3.401, dari data tersebut menunjukkan ranking UI terus menurun. Berbeda dengan ITB yang makin berjaya. Terus merosotnya rangking UI, menurut Nasir salah satunya […]

Subscribe US Now