Dampak UTBK Sebelum UN Bagi Siswa, Ini Respon Sekolah

masukkampus

Kepala Sekolah SMAN 1 Depok Jawa Barat, Supyana mengatakan sebaiknya UTBK dilaksanakan setelah UN berlangsung. Alasannya, hal itu akan mengganggu konsentrasi peserta didik pada proses belajar mengajar.
.
Siswa yang tengah menginjak bangku kelas 12, proses belajar mengajarnya sangat ketat untuk menyelesaikan dan menguasai seluruh mata pelajaran. Untuk dapat lulus dari satuan pendidikan, seluruh peserta didik harus menyelesaikan dan tuntas semua program pembelajaran. Apabila ditambah beban harus mempersiapkan UTBK, Supyana khawatir pencapaian hasil tidak maksimal.
.
Supyana mengatakan jika hasil UTBK tersebut bagus, maka mungkin saja akan menambah semangat para peserta didik. Sebaliknya, jika hasil UTBK yang diterima para peserta didik tidak sesuai dengan harapan mereka, maka akan berpengaruh terhadap semangat siswa-siswi dalam belajar. Bahkan drop sebelum mengerjakan UN. Maka dari itu Kemenristekdikti harus segera memutuskan kapan waktu UTBK berlangsung. Sehingga sekolah dapat merevisi program untuk menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, khususnya kelas 12.
.
Respon dari siswa kelas 12 SMK Walang Jaya, Akbar mengatakan memang bagus jika UTBK dilaksanakan sebelum UN. Sebab, dirinya jadi mengetahui seberapa besar nilai yang ia dapatkan untuk mengikuti ujian SBMPTN kelak. Sebaliknya, kata Jayanti Mandasari, siswi kelas 12 SMAN 72 Jakarta, dirinya khawatir jika nilainya tak sesuai harapannya, maka justru akan menurunkan semangat belajarnya untuk mengikuti UN nanti.
.
Namun, mereka berdua memilih untuk mengikuti apa pun kebijakan yang ada di Kemenristekdikti dan juga pihak sekolah. Mereka tetap mempersiapkan melakukan belajar terus menerus agar bisa menguasai materi. Jadi tidak masalah jika UTBK didahulukan atau belakangan dari UN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Klasterisasi Kemenristekdikti ITB, UGM, IPB, Kampus Terbaik di Indonesia

Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia kembali mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2019. Klasterisasi ini dilakukan untuk memetakan perguruan tinggi Indonesia yang berada di bawah naungan Kemenristekdikti guna meningkatkan kualitas perguruan tinggi sekaligus menjadi dasar bagi Kemenristekdikti untuk memberikan kebijakan sesuai kapasitas setiap klaster perguruan tinggi […]

Subscribe US Now