UTBK 2020 Tak akan digelar Tahun ini

masukkampus

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengusulkan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) pada 2020 dimajukan menjadi akhir 2019. Tujuannya agar siswa fokus dengan Ujian Nasional (UN).
.
Terkait hal tersebut, Kepala Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi memastikan UTBK SBMPTN tak akan diselenggarakan lagi tahun ini. Menurutnya rencana tersebut belum ada. Dan dipastikan penyelenggaraan akan dilaksanakan tahun depan.
.
Dijelaskan Ravik, apa yang disampaikan Menristekdikti M Nasir masih sebatas wacana dan belum diputuskan yang kemungkinan besar UTBK baru akan diselenggarakan tahun depan dengan masa pendaftaran mulai Maret dan pelaksanaan gelombang satu mulai April seperti tahun ini.
.
Sebelumnya, Menristekdikti mengusulkan UTBK SBMPTN pada 2020 dimajukan menjadi November 2019. Jika demikian, siswa yang akan mengikuti SBMPTN bisa fokus dengan Ujian Nasional (UN). Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Naim mengatakan rencana memajukan UTBK sudah dimatangkan pihaknya. Akan tetapi tanggal pelaksanaannya belum ditentukan.
.
Ia juga menyebut akan ada kemungkinan penambahan jumlah gelombang pada tes tersebut. Ainun berharap siswa-siswi bisa mendapatkan kesempatan lebih banyak agar dapat diterima di perguruan tinggi yang diinginkan. .
UTBKSBMPTN #masukkampus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Polemik UTBK Dimajukan Alasan Menristekdikti Berprestasi ke Luar Negeri

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir menjelaskan murid SMA yang berprestasi sebelum lulus sekolah, banyak yang diterima di perguran tinggi luar negeri dan pada bulan Desember dan Januari sudah diambil oleh perguruan tinggi asing, berarti kita ada masalah kerugian yang besar dalam hal resources ini. Hal ini juga dianggap bisa […]

Subscribe US Now