UTBK Dimajukan Sekolah Harap Tak Ganggu UN

masukkampus

Rencana pemerintah membuka penerimaan mahasiswa baru, terutama Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) lebih awal juga mendapat respons dari pihak sekolah.  Pihak sekolah meminta pemerintah memastikan sekolah untuk mengawal siswanya, agar pelaksanaan UTBK ini tidak membuat siswa mengabaikan Ujian Nasional (UN).
.
Kepala Sekolah SMA Negeri 28 Jakarta, Rita Hastuti mengaku, pihaknya tidak berkeberatan dan mensupport anak-anak untuk menyiapkan UTBK yang wacana jadwal digelar lebih awal. Bercermin dari proses penerimaan mahasiswa baru melalui jalur undangan atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pun selama ini sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum UN.
.
Namun ia berharap, jadwal baru UTBK jika jadi diterapkan tak mengganggu persiapan siswa menghadapi Ujian Nasional (UN). Ia tidak ingin dimajukannya jadwal UTBK memecah konsentrasi siswa menghadapi UN. Siswa juga diminta tak memprioritaskan salah satunya. Jangan sampai demi mengejar perguruan tinggi favorit lantas mengabaikan UN.
.
Mohamad Nasir Menristektikti memberi kesimpulan jadi kalau ini kita jalankan, perguruan tinggi akan mendapat Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas. Contoh jumlah pendaftar UTBK tahun ini menurun. Kini dengan sistem UTBK calon mahasiswa menjadi lebih rasional dan lebih terbuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Lihat Sistem Luar Negeri Siswa Belum Lulus Boleh Ikut UTBK

Wacana pemerintah memajukan waktu pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer 2020 atau UTBK 2020 menjadi di akhir 2019 langsung menuai respons dari masyarakat..Ainun mengatakan proses ujian masuk perguruan tinggi sebelum murid SMA lulus telah dilakukan di berbagai negara. Misalnya, Australia, Singapura, dan Amerika Serikat yang tujuannya untuk memperluas kesempatan..Selain itu, ia […]

Subscribe US Now