Universitas Negeri Semarang Akan Buka Prodi Kedokteran

Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan membuka prodi Kedokteran setelah memiliki Program studi (prodi) Farmasi dari Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) pada beberapa waktu lalu. Hal ini disampaikan Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum dalam Focus Group Discussion (FGD). Sudah ada 13 dokter yang siap untuk membuka prodi Kedokteran di Unnes.
.
Unnes yang kini statusnya Badan Layanan Umum (BLU) juga menyiapkan diri menuju ke arah Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Status PTNBH ini akan memiliki banyak sisi positifnya, seperti universitas yang akan terdapat ruang untuk mendapatkan pendapatan sendiri. Selain itu, kerja sama riset penelitian akan lebih besar. Keseriusan hal ini dibuktikannya dalam menugaskan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) untuk menyiapkan pembukaan prodi tersebut.
.
Dekan FIK Prof Dr Tandiyo Rahayu MPd sebagai pengarah tim persiapan pembukaan prodi Kedokteran mengatakan, semua persiapan telah dilakukan, seperti mencari mitra rumah sakit pendidikan, rumah sakit satelit, dan sumber daya manusia spesialis. Ia menambahkan, Unnes juga menjalin kerja sama dengan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Untuk bidang ilmu Kedokteran, Unnes masih perlu belajar dengan Unsoed yang telah lama memiliki Fakultas Kedokteran dan sudah terakreditasi A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *