Pungutan 50 Juta untuk Mahasiswa Baru UNG Angkat Bicara

masukkampus

Kampus UNG Angkat Bicara Soal Pungutan 50 juta rupiah ke Mahasiswa Baru
Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo (FK UNG) sedang diterpa isu pungutan wajib 50 juta rupiah pada calon mahasiswa baru. Jika sumbangan itu tidak dibayar pada 22 – 26 Juli 2019 lalu, maka mahasiswa baru FK UNG dianggap mengundurkan diri. Uang sumbangan sebenarnya memang diatur dalam Peraturan Mentri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2017. Namun Perguruan Tinggi Negeri (PTN) hanya bisa memungut uang pangkal atau pungutan hanya kepada mahasiswa asing, mahasiswa Kelas International. Mahasiswa yang melalui jalur SBMPTN tidak bisa dimintai pungutan tersebut.
.
Faktanya, sumbangan 50 juta rupiah tersebut tetap dibebankan kepada mahasiswa yang lulus dari jalur pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan UNG, Fence M Wantu saat dikonfirmasi membenarkan adanya sumbungan tersebut, namun dirinya tidak tahu detail konsep sumbangan itu. Tim Penyusunan Perencanaan Penganggaran Fakultas Kedokteran, Rio Monoarfa mengatakan, dokter yang dapat menentukan kesehatan masa depan masyarakat, sehingga dokter harus memiliki kompetensi yang handal, serta alat penunjang kedokteran harus diperhatikan juga, tapi hal itu harus memiliki anggaran yang besar, sehingga wajar dimintai sumbangan semacam itu.
.
Berdasarkan Surat Keputusan Rektor, tidak ada besaran yang dicantumkan dalam pembiayaan sumbangan dari orangtua mahasiswa yang masuk di Fakultas Kedokteran. Namun Rio menegaskan, besaran sumbangan harus melihat kemampuan orangtua mahasiswa baru yang mendaftar ke FK. Saat ditanya soal konsekuensi mengundurkan diri jika tidak membayar sumbangan dalam waktu yang sudah ditentukan Rio mengaku tidak tahu. 
Gimana glads? Siapkah menjadi mahasiswa kedokteran?? Boleh komen dibawah yaaa😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

1.614 Ilmuwan Muda Siap Ikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-32

Universitas Udayana siap menyambut 1.614 ilmuwan muda dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 tahun 2019. Ajang bergengsi tingkat nasional ini akan diselenggarakan pada 27-31 Agustus 2019 di Universitas Udayana, Kampus Unud Bukit Jimbaran. Peserta PIMNAS ke-32 berasal dari 126 perguruan tinggi seluruh Indonesia di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, […]

Subscribe US Now