Karena Tidak Mampu, Siti tulis Surat Terbuka untuk Jokowi

masukkampus

Siti Alliah, warga Pasaman Timur, Sumatera Barat, membuat sebuah surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam surat tersebut, Siti mencurahkan permasalahannya yang kesulitan membayar uang pangkal kuliah. Siti diterima di Jurusan Teknik Elektro Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melalui jalur mandiri. Namun ia kesulitan membayar uang kuliah yang jumlahnya 15 juta rupiah. Ayahnya seorang petani karet di kampung dengan penghasilan sebulan 1 juta rupiah. Ibunya pun hanya ibu rumah tangga.  Siti menambahkan bahwa uang pangkal tersebut harus dibayar sebelum kuliah.
.
Surat terbuka tersebut disebarkan Siti ke blognya. Ia berharap ada keringanan agar bisa menjalani kuliah di Untirta. Untuk meneruskan kuliah, saat ini Siti menumpang di rumah saudaranya di Serpong. Ia masih berpikir cara mendapatkan keringanan untuk membayar uang pangkal.  Pihak kampus menyatakan bahwa surat yang ditulis oleh Siti merupakan salah satu hak setiap warga negara untuk menyampaikan pendapatnya.
.
Sayangnya, Untirta tidak dapat memberikan Bidikmisi, lantaran beasiswa tersebut hanya diperuntukkan bagi mahasiswa uang masuk jalur SNMPTN dan SBMPTN. Sedangkan Siti diterima melalui jalur mandiri. Siti mengaku bahwa biaya pendaftaran jalur mandiri sebesar Rp 350.000 pun dibayarkan menggunakan uang tabungannya, karena bagi Siti biaya tersebut nominal yang besar. Terlebih lagi uang pangkal. Rektor Untirta, Sholeh Hidayat menjelaskan bahwa besaran uang pangkal tidak akan diubah namun teknis pembayarannya diberikan keringanan. Gimana menurutmu Glads? Apakah cukup adil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pembawa Baki Bendera 17 Agustus 2019 Meninggal Dunia

Kabar kepergian Paskibraka Aurellia Quarratu Aini membuat publik terkejut. Perempuan asal SMA Islam Al Azhar BSD ini adalah calon pembawa baki bendera upacara 17 Agustus mendatang. Aurel mengembuskan napas terakhir di rumahnya, Cipondoh, Tangerang, Kamis 1 Agustus lalu. Ayah Aurellia, Farid Abdurrahman (42) akhirnya buka suara mengenai kejadian yang menimpa […]

Subscribe US Now