1 Juta ASN Ikut Pindah ke Ibu Kota Baru

masukkampus

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Syafruddin mengatakan, apabila ibu kota negara dipindah ke Kalimantan, maka jutaan aparatur sipil negara (ASN) di tingkat pusat juga ikut pindah. Ini merupakan konsekuensi dari pemindahan pusat pemerintahan dari Jakarta. Jumlah ASN yang berdinas di pemerintah pusat berjumlah sekitar 1 juta orang. Maka kemungkinan seluruh ASN yang terkait itu juga ikut pindah. Presiden Joko Widodo telah menyetujui perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan. Hal itu disampaikan Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro di acara Penyusunan Langkah Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) di Surabaya.
.
Bambang menjelaskan ibu kota baru ini tidak akan masuk daftar 10 kota terbesar di Indonesia. Pemindahan ibu kota negara ini memiliki beberapa tahap yang tidak singkat, mulai dari penyusunan kajian oleh Kementerian PPN/Bappenas, persiapan lahan, memilih dan menyusun Master Plan Kota hingga pemindahan Aparatur Sipil Negara. Total 1,5 juta orang setelah ibu kota baru selesai dibangun 5-10 tahun mendatang. Perkiraan jumlah PNS pusat serta legislatif dan yudikatif adalah 195.500 ribu orang. Polri dan TNI 25.660 ribu orang, pihak keluarga dari yang pindah 884.840 orang, dan pelaku bisnis 393.950. .
Pemerintah mengungkapkan estimasi biaya yang diperlukan untuk pembangunan ibu kota baru seluas 40.000 hektare di luar Pulau Jawa membutuhkan sekitar Rp 466 triliun. Bappeda Kaltim yang mewakili Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur siap dalam mendukung lancarnya program pemindahan ibu kota Indonesia ke Pulau Kalimantan seperti contohnya di Kalimantan Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud Tinggal 7 Hari Lagi!

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah membuka pendaftaran Beasiswa Unggulan pada tanggal 17 Juli 2019 hingga 9 Agustus 2019. Program ini terdiri dari tiga jenis, yaitu Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Unggulan 3T, dan Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud. Beasiswa ini bertujuan mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui […]

Subscribe US Now