Tiga Mahasiswa Undip Ubah Kebisingan Jadi Energi Listrik

masukkampus

Ketiga mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip), Rifki Rokhanudin, Ragil Adi Nugroho, dan Yudha Cindy Pratama menciptakan alat yang dapat mengubah kebisingan menjadi sesuatu bermanfaat. Penemuan alat konversi kebisingan untuk bandara ini diberi nama Sound Energy Harvesting (Sinting) yang berubah menjadi energi listrik.
.
Cara kerja alat itu yakni menangkap kebisingan melalui reflektor parabola kemudian difokuskan pada sistem tranduser yang memicu terjadinya induksi elektromagnetik, kemudian menghasilkan energi listrik. Sinting dirancang dengan mengikutsertakan teknologi tambahan sehingga arus listrik dihasilkan bisa lebih kuat. Tegangan dihasilkan dari alat ini mampu mencapai 11,14 volt pada intensitas suara dengan kebisingan sebesar 108,4 dBA.
.
Ketiga mahasiswa tersebut membutuhkan waktu sekitar tiga bulan merancang Sinting. Proses dilakukan di Laboratorium Fisika Elektronika dan Instrumentasi Undip di bawah bimbingan dosen Catur Edi Widodo. Alat ini diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut dalam skala implementasi dan dipasang di sejumlah bandara di Indonesia. Alat tersebut dirancang melalui hibah penelitian Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Besok! Pengumuman Seleksi Masuk (SIMAK) Universitas Indonesia

Pengumuman hasil Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) untuk program Vokasi, S1 Reguler, S1 Paralel diumumkan pada Rabu, 31 Juli 2019 pukul 13.00 WIB melalui laman https://penerimaan.ui.ac.id/. SIMAK UI adalah program seleksi mahasiswa UI yang diselenggarakan oleh UI untuk semua program pendidikan dari jenjang Vokasi (Diploma 3), Sarjana (S1) Kelas […]

Subscribe US Now