Penegasan Menristekdikti Biaya Kuliah di Kampus Negeri Harus Sesuai Kemampuan Mahasiswa

masukkampus

Menristekdikti Mohammad Nasir menegaskan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang ditetapkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan mahasiswa. Melalui Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No 39 tahun 2017 tentang Uang Kuliah Tunggal, menetapkan besaran biaya yang ditanggung setiap mahasiswa per semester berdasarkan kemampuan ekonominya. Mahasiswa tidak akan dikenakan uang pangkal atau pungutan lain selain UKT jika secara ekonomi tidak mampu.
.
Nasir menjelaskan terdapat perbedaan biaya kuliah yang ditanggung setiap mahasiswa ini sebagai bentuk keringanan yang diberikan sesuai dengan kemampuan ekonomi masing-masing mahasiswa. Keputusan ini diambil ketika terdapat ketidaksesuaian kemampuan ekonomi atau saat mahasiswa mengalami perubahan kondisi ekonomi sehingga dapat memberatkan pembayaran UKT tiap semesternya.
.
Meski lewat jalur mandiri, Nasir berharap adanya pemberian beasiswa Bidikmisi bagi anak tidak mampu, dan mereka tidak boleh ditarik uang pangkal dan diberikan tingkat UKT yang paling rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Persiapkan Diri Kamu Beasiswa Disdik Jabar Dibuka Agustus 2019!

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memberikan beasiswa “Jabar Future Leader (JFL) Tahun 2019” bagi seluruh masyarakat Jabar yang sedang menempuh pendidikan jenjang S1, S2, dan S3. Pendaftaran beasiswa tersebut akan dibuka pada Agustus 2019. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika menjelaskan pemberian beasiswa tersebut memiliki tujuan menyiapkan generasi muda […]

Subscribe US Now