Tahun 2020, Menristekditi Targetkan 2 PTN-BH Dipimpin Rektor Asing

masukkampus

Sejak tahun 2016, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir berniat untuk membuat kebijakan merekrut professor asing menjadi pemimpin PTN (Perguruan Tinggi Negeri). Namun, kebijakan tersebut tidak dapat diimplementasikan setelah mendapat respon negatif dari kalangan akademisi dalam negeri.
.
Nasir kembali akan membuat kebijakan ini pada tahun 2020 mendatang dengan menargetkan minimal dua PTN Berbadan Hukum (PTN-BH). Target Nasir akan mendatangkan menjadikan rektor asing di PTN tersebut terutama professor dari Amerika Serikat.
.
Hal ini dibutuhkan lantaran klaim bahwa banyak negara di Asia yang sudah menerapkan kebijakan tersebut. Hasilnya dianggap sangat memuaskan karena mampu meningkatkan daya saing perguruan tinggi di negara tersebut di tingkat dunia. Ia menegaskan, wacana mengundang akademisi asing untuk menjadi rektor sedang dipersiapkan dengan matang.
.
Selain itu perguruan tinggi di Indonesia jumlahnya ada sebanyak 4.700 dan yang masuk daya saing dunia hanya tiga. PTN di Indonesia dianggap bangga di dalam negeri sendiri tapi tidak punya daya saing di luar negeri. Nasir juga menjelaskan, kebijakan mengundang akademisi asing untuk menjadi rektor kembali mencuat setelah Presiden Joko Widodo menanyakan kelanjutan dari program tersebut. Menurut dia, dengan berbagai pertimbangan, pelibatan akademisi asing untuk mengurus PTN di dalam negeri memang sangat diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Universitas Negeri Padang akan Mendirikan Fakultas Kedokteran

Pada Januari 2019, Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) telah melakukan penandatangan MoU dengan Rektor Universitas Indonesia (UI) untuk pembahasan mengenai pendirian Fakultas Kedokteran. Fakultas Kedokteran ini ditargetkan akan berdiri pada tahun 2019. Fakultas Kedokteran ini akan memiliki program studi kedokteran umum dan kekhususan olahraga..Rencananya lokasi Fakultas Kedokteran ini berada di […]

Subscribe US Now