Bidikmisi Akan Dihapus Beasiswa Diganti KIP Kuliah

Dalam upaya meningkatkan akses siswa dari keluarga tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, pada tahun 2020 mendatang, pemerintah pusat akan menggulirkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyebut bahwa beasiswa bidikmisi akan segera dihapus dan digantikan dengan KIP Kuliah ini.
.
Menurut pemaparannya, KIP Kuliah ini merupakan perluasan dari beasiswa bidikmisi. Pada awalnya pemerintah menggelontorkan anggaran sekitar Rp4,8 triliun untuk program beasiswa bidik misi kepada calon mahasiswa di dalam negeri. Anggaran itu diberikan untuk membiayai kebutuhan pendidikan perguruan tinggi bagi 360 ribu mahasiswa. Sedangkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020 untuk program KIP Kuliah ini akan dianggarkan sebesar Rp12,4 triliun. Penambahan anggaran itu diperkirakan cukup membiayai kebutuhan dana pendidikan bagi 420 ribu mahasiswa.
.
Di lain sisi, KIP Kuliah ini tidak hanya menghapuskan Bidikmisi. Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP-PPA) dan Beasiswa Affirmasi Pendidikan (ADik) Papua juga akan dihilangkan. Hal tersebut dikarenakan KIP Kuliah sudah dianggap sebagai penggabungan dari beasiswa tersebut.
.
Adapun untuk sistemnya, Menristekdikti menyebut penerima Kartu Indonesia Pintar di jenjang pendidikan dasar dan menengah (dikdasmen), secara otomatis akan mendapatkan KIP Kuliah, jika sudah dinyatakan lulus oleh perguruan tinggi tujuan baik di PTN maupun di PTS, baru akan dibiayai oleh pemerintah.
.
Nah, bagaimana nih menurutmu?

14 thoughts on “Bidikmisi Akan Dihapus Beasiswa Diganti KIP Kuliah

  1. Bagaimana dengan mahasiswa/i yang sekarang sedang memperoleh beasiswa bidikmisi namun dia tidak mempunyai KIP apakah akan diberi KIP atau bagaimana ?

    1. Banyak sekali di daerah saya yang seharusnya mendapatkan KIP dikarenakan kurang mampu justru dia tidak mempunyai KIP Contohnya saya. Dan ada orang yang lebih mampu, orang yang lebih berada dia mendapatkan KIP. Moho dipertimbangkan kembali pak. Mohon bidikmisi untuk tidak dihapuskan. Terimakasih

  2. Bidik Misi akan dihapus,….akan diganti KIP Kuliah………hendaknya mempertimbangkan beberapa hal :
    1. Kenyataan dilapangan bahwa penerima KIP jenjang SD/MI, SMP/MTS/SMA/MA tidak sesuai kenyataan, artinya ada dari keluarga yg lebih mampu ekonomi menerima KIP, sementara banyak keluarga yg seharusnya menerima KIP tidak menerima.
    2. Kalau itu didasrkan KIP jenjang SD/MI, SMP/MTS/SMA/MA, bahwa keadaan ekonomi itu kan berkembang, bisa naik, bisa turun…..
    3. Okelah kalau itu ada kaitan dengan nama Bidikmisi peninggalan pemerintahan yang lama, silahkan diganti nama, alangkah bijaknya kalu proses itu tetap seperti di bidikmisi.

  3. Untuk yg sudah 3 tahun lulus sekolah dan sudah berumur 20 apakah masih bisa dapat KIP.. seperti di bidikmisi, kalau tidak salah syarat maximal umur penerimaan bidikmisi itu 21 tahun…

  4. Apakah KIP bisa untuk yang sudah lulus SMA th.2018?
    Anak saya pernah daftar bidikmisi mandiri tapi ternyata Di Perguruan Tinggi tempat dia mendaftar untuk bidikmisi Mandiri tidak berlaku.Jadi harus bayar… akhirnya semester 3 ini dia tidak dapat mengikuti karena saya kesulitan cari pinjaman uang.Saya orang tua tunggal yang tidak punya penhasilan tetap.Apakah bisa dapat KIP Kuliah Untuk dia lanjutkan kuliahnya?
    Kalau saya lihat ada penerima bidik misi orang tua punya mobil dan motor,rumah lantai tegel … apakah tidak disurvei?
    Terima kasih

  5. Upaya pemerintah untuk memajukan pendidikan sangat bagus. Tpi TDK kah d pertimbangkan lebih lagi dalam upaya penghapusan Bidikmisi ini dan diganti dengan KIP kuliah. Yg sy tahu tujuan pemerintah itu menambah anggaran dan menambah peserta bantuan pendidikan. Yg bisakah kalau Bidikmisi itu TDK perlu d hapuskan cukup d perluas saja peserta dan ditambahkan sja anggarannya. Yg sy lihat dilingkungan saya teman² dari keluarga berada pun ada banyak sekali yg punya KIP, bahkan anak yg lebih berhak mendapatkan itu malah mereka tidak dapatkan, bukan kah alangkah lebih bagus kalau Bidikmisi itu jangan dihapuskan karena menurut saya Bidikmisi itu lebih jujur dan lebih cocok dieranya. Yg saya lihat sejauh ini tidak ada bidimisi yg tidak ditempatnya. Semua lebih sesuai dengan kegunaannya.

  6. Kalau bidikmisi dihapuskan dan di ganti dengan KIP bagaimana dengan anak yang tidak mempunyai KIP, karena realitanya banyak orang yang tidak mampu tidak mempunyai KIP, sedangkan orang yang masih mampu membiayai kuliah malah mendapatkannya. Tolong untuk di pertimbangkan lagi, banyak anak yg berprestasi yg mungkin saja tidak mampu membiayai kuliah, sekali lagi tolong di pertimbangkan. Terimakasih

  7. Iyaa.. Banyak penerima KARTU KIP adalah orang yang mampu. Sedangkan saya yg tidak mampu, orang tua saya buruh becak, ibu saya ibu rumah tangga, ayah saya lulusan smp, ibu saya lulusan sma, tapi saya 12 tahun saya sekolah hanya 2 kali mendapatkan BSM (beasiswa miskin). Nah sekarang saya mau kuliah dengan keinginan agar dapat bantuan dari pemerintah, kok malah beasiswa bidik misi dihapuskan…? Sedangkan saya tidak pernah memegang kartu KIP yg merupakan gantian dari bidik misi, salam buat pemerintah yg menghapuskan bidik misi, agar mohon dipertimbangkan kembali.. Apa yg telah difatwakan tersebut. Terimakasih…
    Wassalam…

  8. Saya kurang sependapat jika bidik misi dihapus dan mengutamakan kartu KIP. Jika mungkin penghapusan bidik misi beralasan untuk mensejahterakan pendidikan rakyat kurang mampuBanyak di daerah daerah terutama daerah plosok yang saya juga kurang tau apa sebabnya sehingga bukan hanya satu dua orang yang justru mampu malah mendapatkan Kartu KIP. Sedangkan sebaliknya justru orang yang serba terbatas tidak mendapat kartu keringanan biaya hidup apapun. Menurut saya ini tidak cukup adil. Selain karena KIP tidak selalu berada di tangan yang tepat hal itu juga secara langsung menutup peluang siswa berprestasi untuk mendapatkan keringanan biaya. Jadi saya sebagai rakyat sekaligus pelajar indonesia sangat memohon agar kebijakan itu dipertimbangkan kembali. Terimakasih

  9. Minta maaf sblmnya, saya tidak setuju dengan kebijakan pemerintah yang ingin mengganti bidikmisi dengan KIP kuliah. Karena kenyataannya penerima KIP banyak yang berasal dari keluarga yang mampu sdngkan yang berasal dari keluarga yang tidak mampu tidak menerima KIP. Mohon agar kebijakan ini perlu dikaji lebih lanjut demi kepentingan bangsa dan negara. Terima kasih.

  10. Mohon maaf pak sebelumnya, saya juga berpendapat tidak setuju dengan kebijakan yang bapak pemerintah ajukan, karena bahwasanya di daerah kami penerima kip tersebut tidak merata,seharusnya penduduk kurang mampu atau miskin lah yang berhak mendapatkan kip, tetapi yang ada kip tersebut hanya dibagikan kebanyakan untuk orang yang berkecukupan, saya bercita2 kuliah agar bisa meringankan beban orangtua, karna saya berasal dari kluarga tak berkecukupan,saya making bisa kuliah salt ini lala bagaimanakah dengan adik-adik saya di tahun ini . Dan mungkin jika pemerintah mengeluarkan kebijakan seperti ini mungkin akan byk mahasiswa yang putus kuliah karna tidak memiliki kip tersebut,, saya Harap pak pemerintah dapat memikirkannya kembali.. WasSalam pak.

  11. Kalau menurut saya harus dikaji lebih jauh lagi. Mengingat minat kuliah di daerah saya saja masih rendah. Yang kuliah di daerah saya kebanyakan cari bidikmisi. Kalau diganti aoleh kip kuliah akan menurun lagi semangat kuliahnya

  12. Mohon untuk KIP Kuliah dipertimbangkan kembali, karena yang terjadi pada Daerah tempat saya mengajar banyak skali siswa yang tidak mampu tidak memiliki KIP sehingga hal ini akan menyulitkan siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. di sisi lain siswa yang mendapatkan KIP juga ada dari siswa yang mau dibilang orang tua mampu. harapan kami untuk pak mentri mohon di pertimbangkan Pak..Trimakasih Pak Mentri.

  13. mohon maaf sebelumnya, menurut saya program kip kuliah sangat baik kedepannya untuk kesejahteraan mahasiswa yg kurang mampu… namun disini saya ingin bertanya mengenai pernyataan kakak angkat yg menyatakan bahwa untuk mengurus hingga mendapat kip kuliah itu memerlukan waktu kira2 dua tahun, sedangkan saya akan menjadi mahasiswa di tahun ini, lantas bagaimana saya membiayai uang kuliah sebelum mendapat kip kuliah? mohon kejelasannya😊terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Radar Bidikmisi Ajukan Petisi Penolakan Penghapusan Bidikmisi

Mohamad Nasir mengenai pengadaan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk tahun 2020 menuai polemik dari berbagai kalangan. Pasalnya, pengadaan KIP Kuliah ini merupakan perluasan beasiswa namun akan menggantikan jenis beasiswa lainnya termasuk Bidikmisi..Mengenai hal itu, Radar Bidikmisi melalui akun Instagramnya [at] dibidikmisi_com menunjukan pernyataan sikap. Radar Bidikmisi tidak melakukan penolakan […]

Subscribe US Now