Tiga Belas Ribu Peserta Berebut Kursi UB Lewat Seleksi Mandiri

masukkampus

Universitas Brawijaya (UB) telah melaksanakan tes seleksi jalur mandiri pada hari Senin, 15 Juli 2019. Ujian terdiri dari beberapa kelompok yaitu Saintek, Soshum, dan campuran. Sebanyak 13.073 peserta mengikuti seleksi Jalur Mandiri. Dari jumlah tersebut, 7.371 di antaranya peserta saintek, 5.416 peserta soshum, sedangkan 286 sisanya adalah peserta kelompok campuran.
.
.
Rektor Universitas Brawijaya Prof Nuhfil Hanani menyatakan jumlah peserta seleksi Mandiri ini akan memperebutkan sebanyak 3.395 kursi yang terbagi dalam 75 prodi, termasuk lima di antaranya program studi (Prodi) PSDKU UB Kediri. Tahun ini, pelaksanaan seleksi mandiri UB berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya tidak ada tes tulis, siswa cukup mendaftar jalur mandiri dengan syarat pernah tes SBMPTN. Hasil nilai SBMPTN digunakan untuk menentukan diterima atau tidaknya sebagai mahasiswa jalur mandiri. Meteri yang akan diujikan yaitu IPA terpadu, matematika IPA dan bahasa inggris untuk kelompok Saintek, serta IPS terpadu, matematika IPS, dan bahasa inggris untuk kelompok Soshum.
.
.
UB menyiapkan 669 ruang untuk seleksi mandiri. Pihaknya juga menyediakan 1.338 pengawas dan 33 penanggung jawab ruang. Rektor UB menjelaskan bahwa setiap 10 peserta seleksi mandiri diawasi oleh seorang pegawas. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kecurangan saat pelaksanaan seleksi. Rektor UB juga menghimbau kepada peserta agar tidak percaya kepada pihak yang menawarkan kesempatan masuk UB melalui jalur belakang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Perbedaan PPPK dan CPNS yang Perlu Kamu Tahu

Pemerintah melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB) telah memeberikan sinyal akan adanya pembukaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akhir tahun ini. Dibukanya CPNS dan PPPK tahun ini menjadi kesempatan baik bagi mereka yang tidak lolos pada seleksi tahun 2018...Menurut […]
Pegawai Negeri Sipil (ilustrasi)

Subscribe US Now