Bebas Uang Pangkal Peserta UTM-BK IPB Meningkat 20 persen

masukkampus

Institut Pertanian Bogor (IPB) telah menyelenggarakan seleksi mandiri Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK) untuk Program Sarjana pada hari Sabtu, 13 Juli 2019. Ujian dilaksanakan di sejumlah Kapus IPB mulai dari Kampus Dramaga, Kampus Sekolah Vokasi, Kapus Sekolah Bisnis, serta beberapa Sekolah Menengah di wilayah Kota Bogor.
.
Pada tahun ini jumlah peserta yang mendaftar ke Program Sarjana melalui jalur mandiri sebanyak 12.009 orang dengan rincian 8.713 orang menggunakan nilai UTM-BK, 3.268 orang mengikuti ujian, dan 28 orang pendaftar jalur Internasional. IPB akan menerima mahasiswa baru dari jalur mandiri kurang lebih 800 orang. Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB, Drajat Martianto menyampaikan pendaftar S1 jalur UTM-BK meningkat terus dari tahun ke tahun, tahun ini pendaftar mengalami peningkatan 20 persen dari tahun sebelumnya. .
.
Peserta yang lolos seleksi masuk IPB melalui jalur mandiri akan dikenai Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF). BPIF dibayarkan hanya satu kali pada saat registrasi sebagai mahasiswa baru IPB. Namun khusus bagi mahasiswa IPB yang terverifikasi tidak mampu, mereka akan dibebaskan sama sekali dari kewajiban membayar BPIF. Arif Satria selaku Rektor IPB mengatakan bahwa selama ini IPB telah menunjukkan komitmen besar pada pemberian kesempatan dan ketuntasan belajar mahasiswa dari keluarga tidak mampu. Hal tersebut ditunjukkan dengan jumlah penerima beasiswa Bidikmisi program sarjana sebanyak 770 mahasiswa tahun 2016 (21 persen dari mahasiswa baru), 770 mahasiswa tahun 2017 (21 persen dari mahasiswa baru), dan 825 mahasiswa tahun 2018 (23 persen dari mahasiswa baru). Pada tahun 2019 akan memberikan beasiswa Bidikmisi untuk 1.144 mahasiswa ditambah dengan beasiswa alumni berbagai angkatan sehingga secara total dapat mencapai 30 persen dari mahasiswa baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Cek Perbandingan Uang Kuliah Tunggal UI, ITB, UGM dan IPB

Empat universitas unggulan di Indonesia versi QS World Ranking, Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB) memberikan informasi terbuka terhadap jalur masuk melalui seleksi mandiri melalui website resminya masing-masing. Salah satu informasi yang disampaikan adalah Uang Kuliah Tunggal (UKT). UKT adalah biaya […]

Subscribe US Now