Kemenristekdikti Terapkan “Mata-Mata” Bidikmisi Digital di Perguruan Tinggi Negeri

masukkampus

Beasiswa Bidikmisi merupakan beasiswa khusus bagi warga kurang mampu yang berprestasi. Guna memantau perkembangan prestasi penerima beasiswa ini, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI bakal menerapkan pengawasan penerima beasiswa Bidikmisi yang berbasis digital.
.
Penerapan pengawasan ini menggunakan aplikasi khusus untuk memantau mahasiswa Bidikmisi di seluruh Indonesia. Aplikasi tersebut akan memantau prestasi mahasiswa penerima Bidikmisi, baik prestasi akademik maupun non-akademik.
.
Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS membenarkan tentang rencana pusat menerapkan aplikasi untuk mengawasi mahasiswa Bidikmisi tersebut. Namun, pihaknya masih menunggu kepastian kapan aplikasi tersebut diterapkan.
.
Selain untuk tujuan pengawasan, dalam aplikasi tersebut juga akan memuat data diri, prestasi mahasiswa, informasi pencairan, dan pembayaran elektronik serta ada tracer study, informasi terbaru serta fitur lapor, sehingga penerima Bidikmisi juga akan lebih mudah mendapatkan informasi dengan aplikasi ini.
.
Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Malang (UM) Prof Dr AH Rofi’uddin menyambut baik rencana penerapan aplikasi dari pusat tersebut. Karena semua data beasiswa Bidikmisi bisa sinkron antara data kampus dan Forum Laporan Pendidikan Tinggi (Forlap Dikti).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pengumuman SBMPTN 2019, Hanya 23,61 persen pendaftar yang dinyatakan Lolos

Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah diumumkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada hari Selasa, 9 Juli 2019 pukul 15.00 WIB. Mohamad Nasir menyatakan hanya 23.61 persen pendaftar yang dinyatakan lolos atau sebesar 168.742 orang dari 714.652 pendaftar. Jumlah peserta yang lolos tersebut […]

Subscribe US Now