Revolusi Industri 4.0 Menristekdikti Dorong Kampus Lakukan Pembelajaran Inovatif

masukkampus

Di tengah perkembangan revolusi industri 4.0 yang saat ini sedang dihadapi, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir mengimbau kepada pimpinan perguruan tinggi untuk mulai bergerak melakukan metode pembelajaran yang baru dan inovatif. Perkembangan penggunaan media digital bisa dijadikan sebagai salah satu sarana dalam melakukan pembelajaran yang inovatif seperti penggunaan teknologi Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AI), dan Artificial Intelligence (AI).
.
Metode seperti itu bisa dikembangkan secara keseluruhan di seluruh bidang dan kedepannya bisa dikembangkan lagi dalam bentuk film tiga dimensi (3D) atau bisa juga dalam metode online. Metode pembelajaran seperti ini bisa membuat mahasiswa tidak merasa kesulitan dalam menyerap materi yang sulit sekalipun dengan metode pembelajaran yang sangat sederhana.
.
Ia mengatakan perguruan tinggi perlu mengembangkan kolaborasi mengenai fasilitas pengadaan teknologi ini karena biaya yang sangat tinggi. Ia juga mengungkapkan selama ini biasanya dosen membaca kemampuan hanya 80 persen, maka hanya bisa diserap 40 persen. Tetapi dengan metode pembelajaran tersebut di atas bisa serap 100 persen dengan baik.
.
Kemenristekdikti juga sudah menerbitkan peraturan kepada pimpinan perguruan tinggi untuk mengembangkan metode pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Hal ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan memudahkan akses masyarakat untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Prodi Kedokteran Khusus Gigi Akan Hadir di Unhas

Asesor Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) melakukan kunjungan ke Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas). Kunjungan ini dilakukan selama 3 hari sejak tanggal 3 sampai 5 Juli 2019. Dalam kunjungan ini, tim asesor KKI dipimpin oleh Prof drg Armasastra Bahar, bersama drg. Grace virginia Gumuruh Sp.KG,drg Yulianti Kemal SP.Perio dan […]

Subscribe US Now