Ikatan Guru Indonesia Sangat Mendukung SNMPTN Dihapus

masukkampus

Isu penghapusan sistem Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang diajukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menuai perdebatan di berbagai kalangan. Pasalnya, sistem ini dianggap sudah tidak relevan dengan diberlakukannya skema zonasi pada Penerima Perserta Didik Baru (PPDB).
.
Sebelumnya Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menyediakan kuota minimal 30 persen untuk sistem SNMPTN. Salah satu yang menjadi pertimbangan dalam SNMPTN ini adalah akreditasi sekolah. Sekolah akreditasi A berhak mendaftar 50 persen siswa, B (30 persen), C (10 persen), dan akreditasi lainnya hanya disediakan kuota 5 persen.
.
Demikian dengan Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI), Muhammad Ramli Rahim, mengatakan bahwa kuota untuk sekolah berakreditasi ini tentu tidak adil dan tidak jelas tujuannya. Pasalnya, sekolah yang berakreditasi bagus akan semakin bagus, sedangkan yang jelek akan semakin jelek. Oleh karena itu, IGI mendukung keinginan Kemdikbud agar kuota SNMPTN dihapuskan.
.
Ramli juga mengatakan, sebaiknya SNMPTN Undangan dikembalikan ke pola jalur pemanduan potensi belajar (JPPB) yang pada masa lalu memberi kesempatan sekolah terpencil masuk PTN. Sebab, kebijakan JPPB ini menjaring anak-anak berbakat masuk PTN karena mereka jika dipertarungkan dengan anak-anak kota akan kalah karena pengaruh informasi dan bimbingan belajar (bimbel). Jika pemerintah tetap mempertahankan kuota SNMPTN dengan pola undangan, maka tak boleh lagi ada batasan dengan dasar akreditasi sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Terbanyak Kedua di Indonesia 40 Prodi Unair Terakreditasi Internasional

Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil mencapai akreditasi internasional pada 40 program studi (prodi). Capaian ini membawa Unair menduduki posisi kedua di Indonesia dengan prodi terakreditasi internasional terbanyak. Hal ini telah dirilis oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) pada awal bulan Juli lalu. . Capaian akreditasi internasional itu […]

Subscribe US Now