Sukardi Sang Anak Petani Peraih IPK 4.0 di Unhas dengan Masa 3 Tahun 8 Bulan

masukkampus

Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Periode IV Tahun Akademik 2018/2019 di Universitas Hasanuddin (Unhas) dilakukan selama dua hari pada tanggal 25 dan 26 Juni 2019 di Gedung Baruga Andi Pangeran Pettarani, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar. Pada periode kali ini, Unhas hasilkan sebanyak 1.879 alumni baru.
.
Salah satu yang menjadi perhatian pada prosesi wisuda kali ini adalah ketika nama Sukardi disebut sebagai Wisudawan terbaik dengan IPK 4,0. Sukardi mendapat penghargaan atas pencapaian itu dengan predikat Wisudawan Terbaik Tingkat Fakultas Hukum Unhas dan Wisudawan Terbaik Tingkat Universitas untuk Non Eksakta.
.
Sukardi merupakan putra daerah asal Sidrap, Sulawesi Selatan, kelahiran 19 Agustus 1997 silam. Ia merupakan seorang anak petani dan terdaftar sebagai mahasiswa Unhas jurusan Ilmu Hukum, pada 2015 lalu. Sukardi menjadi lulusan Fakultas Hukum Unhas dengan peraih IPK sempurna karena sebelumnya belum pernah ada lulusan dengan Raihan IPK 4,0 tersebut.
.
Selama kuliah, Sukardi mengaku tak pernah melakoni pekerjaan sampingan. Ia hanya fokus kuliah dan bergelut di dunia organisasi luar kampus dan dalam kampus dengan mengikuti sebanyak lima organisasi. Ia pun membantah soal anggapan jika mahasiswa yang bergelut di dunia organisasi akan sulit mendapat IPK tinggi dan durasi kuliah akan lama. Baginya, membagi waktu dengan bijak adalah kunci utama meraih prestasi mempuni.
.
Ia mengaku bukan perkara mudah untuk menyelesaikan kuliah dan meraih gelar sarjana secepat mungkin dengan waktu tiga tahun delapan bulan. Kendala yang kerap menghadang Sukardi justru mengenai uang jajan dan biaya kuliah yang kadang belum tersalurkan dari kedua orang tuanya. Meskipun banyak organisasi yang diikuti, ia tetap tidak pernah meninggalkan kuliah apalagi titip absen. Baginya, kuliah yah kuliah, organisasi yah organisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Vokasi UI Tambah 2 Prodi Baru yang Kekinian

Menjawab kebutuhan industri akan lulusan yang memiliki skill professional, Vokasi Universitas Indonesia (UI) menambahan dua program studi (prodi) baru. Kedua prodi ini merupakan pengembangan dari yang sebelumnya merupakan peminatan kini menjadi program studi. . Prodi baru yang dibuka yaitu Prodi Periklanan Kreatif dan Prodi Penyiaran Multimedia. Pengembangan prodi ini dimaksudkan […]

Subscribe US Now