Polemik Sistem Zonasi Menristekdikti Tolak Penghapusan SNMPTN

masukkampus

Menteri Pendikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Efendy, sebelumnya telah mengusulkan sistem pemberian kuota masuk PTN yang mengacu status akreditasi sekolah pada SNMPTN untuk dihapuskan. Hal tersebut dikarenakan kebijakan yang tidak beriringan dengan pemberlakuan sistem zonasi penerimaan siswa baru. Namun, Mendikbud masih belum membahas secara detail terkait usulan menghapuskan skema SNMPTN yang melihat akreditasi sekolah ini.
.
Pasalnya, dalam penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menerapkan tiga skema meliputi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan ujian mandiri (UM).
.
Pada jalur SNMPTN, sekolah-sekolah favorit setiap tahun mendapat kuota sangat tinggi. Kemristekdikti menyediakan kuota minimal 30% untuk skema SNMPTN. Sekolah akreditasi A berhak mendaftar 50% siswa, B 30%. C 10%, dan akreditasi lainnya hanya disediakan kuota 5%.
.
Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, adanya pembagian tiga kuota dalam penerimaan mahasiswa baru untuk mendukung perguruan tinggi meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan tinggi Indonesia agar dapat bersaing di tingkat dunia.
.
Namun, atas usulan menghapuskan kuota SNMPTN yang disampaikan oleh Mendikbud tersebut masih akan dikaji karena tidak sejalan dengan misi perguruan tinggi untuk peningkatan mutu dan kualitas. Menurut Nasir, pada pendidikan tinggi, peningkatan sumber daya manusia (SDM) tidak harus dengan pemerataan pendidikan. Bagi perguruan tinggi yang memiliki kualitas kurang baik, Kemristekdikti akan melakukan pembinaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

7 Program Studi Saintek Paling Banyak Diburu di SBMPTN 2019

Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 menjadi hal yang paling dinantikan oleh lebih dari 700 ribu calon mahasiswa. Para pendaftar ini masih digantungkan hasilnya hingga tanggal 9 Juli 2019 mendatang. . Dari ratusan ribu pendaftar tersebut, tercatat peminat program studi (prodi) saintek masih menduduki posisi tertinggi […]

Subscribe US Now