Pendaftar SBMPTN 2019 Mengalami Penurunan Ini Dia Penyebabnya

masukkampus

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah resmi ditutup pada hari Senin (24/6) oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Pendaftar SBMPTN pada tahun ini sebesar 714.652 peserta, angka tersebut lebih kecil daripada jumlah peserta SBMPTN pada tahun sebelumnya yang mencapai angka 860.001 peserta. Para pendaftar tersebar di progam studi 85 PTN yang terbagi kedalam tiga kelompok yaitu saintek, soshum, dan campuran. Pendaftar untuk jurusan saintek berjumlah 360.329 orang, diikuti soshum 345.896 orang, dan campuran sebanyak 8.427 orang.
.
Ravik Karsidi selaku Ketua LTMPT menjelaskan meskipun pendaftar SBMPTN tahun ini menurun panitia tidak akan melakukan perpanjangan waktu pendaftran. Alasannya, jumlah pendaftar sudah cukup banyak jika dibandingkan dengan pelamar yang eligible. Maksud pelamar yang eligible adalah pendaftar yang sebelumnya sudah ikut ujian tulis berbasis komputer (UTBK).
.
Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir menerangkan, jumlah pendaftar SBMPTN 2019 menurun lantaran perubahan alur tes. Dulu calon mahasiswa melakukan pendaftaran dulu ke perguruan tinggi, baru tes. Sehingga peserta nantinya diterima atau tidak, mereka tidak tahu. Sedangkan dengan sistem baru, pendaftar jadi lebih tahu kemampuannya, sehingga dapat memperkirakan dirinya akan lolos atau tidak. Penurunan jumlah pendaftar akan dijadikan evaluasi untuk pelaksanaan SBMPTN selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Universitas Brawijaya Kampus Paling Diminati SNMPTN dan SBMPTN 2019

Universitas Barawijaya (UB) merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berada di Kota Malang, Jawa Timur. Pada seleksi penerimaan mahasiswa tahun ini, UB berhasil menjadi kampus yang paling diminati calon mahasiswa. Tercatat pada pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2019 ini, UB mendapatkan pendaftar terbanyak dari keseluruhan PTN di Indonesia. . Kepala Humas […]

Subscribe US Now