Selain Ijazah Lulusan IPB University Kini Mendapat SKPI 4.0

masukkampus

Era disrupsi teknologi yang bergeser pada era Revolusi Industri 4.0 memicu perubahan lingkungan yang lebih cepat, tidak pasti, kompleks dan ambigu. Mengiringi perubahan tersebut, IPB University mempersiapkan para mahasiswanya agar tidak hanya memiliki kompetensi utama sesuai bidang keilmuan yang dipelajari (hard skill) namun juga memiliki tomorrow people skills.
.
Pada wisuda tahap VI tanggal 27 Juni 2019 kemarin, IPB University untuk kali pertama memberikan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) kepada seluruh wisudawan sarjana IPB University. Penerbitan SKPI ini berada pada level institusi dengan cakupan informasi yang lebih relevan dengan kebutuhan era revolusi industri 4.0.
.
SKPI atau Diploma Supplement ini adalah surat pernyataan resmi yang berisi informasi tentang kompetensi yang dimiliki oleh para lulusan IPB University berdasarkan pencapaian atau kualifikasi akademik dan non akademik (ko dan ekstrakurikuler). SKPI IPB University mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Konvensi UNESCO dan Permenristekdikti No. 59 Tahun 2018 tentang ijazah, sertifikat kompetensi, sertifikat profesi, gelar dan tata cara penulisan gelar di perguruan tinggi.
.
SKPI ini dikeluarkan untuk mendampingi ijazah dan transkrip akademik. Jika ijazah merupakan bukti telah selesainya suatu jenjang pendidikan tertentu dan transkrip nilai memuat daftar nilai pencapaian selama menempuh perkuliahan, maka SKPI menerangkan kemampuan dan kecakapan hidup (soft skills) yang dibutuhkan oleh para pengguna lulusan di dunia kerja.
.
Hal yang dimuat dalam SKPI IPB University adalah hasil dari capaian pembelajaran (learning outcome) dalam kegiatan akademik serta seluruh aktivitas ko dan ekstrakurikuler antara lain prestasi mahasiswa dalam mengikuti kegiatan kompetitif, kegiatan mobilitas internasional, penghargaan dan pengakuan, seminar/konferensi/workshop yang diikuti, pengalaman organisasi, beasiswa yang diperoleh, serta kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan karakter, soft skills dan keprofesian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pendaftar SBMPTN 2019 Mengalami Penurunan Ini Dia Penyebabnya

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah resmi ditutup pada hari Senin (24/6) oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Pendaftar SBMPTN pada tahun ini sebesar 714.652 peserta, angka tersebut lebih kecil daripada jumlah peserta SBMPTN pada tahun sebelumnya yang mencapai angka 860.001 peserta. Para pendaftar tersebar […]

Subscribe US Now