UGM Menempati Posisi Nomor Satu di Indonesia Versi QS World University Ranking

masukkampus

Pemeringkatan universitas dunia oleh Quacquarelli Symonds (QS-WUR), dalam QS-WUR 2020 yang dirilis bulan ini, Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil membuat lompatan yang signifikan. UGM berhasil menaikkan 71 peringkat dari tahun sebelumnya.
.
Pada tahun sebelumnya, UGM menempati posisi ke-391 dan pada tahun ini berhasil meraih posisi ke-320 universitas terbaik dunia. Hasil pemeringkatan tersebut menempatkan UGM sebagai universitas nomor satu di Indonesia dalam hal reputasi akademik.
.
Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng. memaparkan, sitasi per dosen UGM meningkat dari 1,4 di tahun sebelumnya menjadi >1,5 pada tahun ini. Di samping itu, peningkatan kepercayaan terhadap UGM juga terlihat dari semakin tingginya proporsi masyarakat internasional yang melakukan kegiatan Tridharma bersama sivitas akademika UGM, salah satunya dengan melakukan studi di UGM.
.
Di lain sisi pemeringkatan oleh lembaga-lembaga pemeringkat dunia ini sebenarnya bukan menjadi tujuan yang dikejar oleh UGM. Meski demikian, peringkat universitas menjadi salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mendongkrak kepercayaan dunia internasional terhadap UGM.
.
Dalam waktu ke depan UGM akan terus melakukan berbagai perbaikan dalam proses dan sistem akademik, agar misi dan mandat yang telah secara konsisten dikerjakan UGM sejak berdirinya dapat semakin diakui, menjadi rujukan dan acuan perubahan, serta memimpin di dunia internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Jangan Mendaftar di Injury Time! H-2 Pendaftaran SBMPTN Ditutup Peserta Mencapai Hampir 600 Ribu

Dua hari menjelang pendaftaran SBMPTN ditutup, LTMPT kembali merilis update progress pendaftaran. Tercatat per tanggal 22 Juni 2019 pukul 07.00 WIB pagi tadi, jumlah pendaftar SBMPTN mencapai angka 598.705 pendaftar. . Pada progress pendaftaran kali ini, terlihat pilihan prodi saintek lebih banyak daripada pilihan prodi soshum. Tercatat sejumlah 299.167 pendaftar […]

Subscribe US Now